Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Andyrra

Male, 45 years

Batam, Indonesia

If you're doing your best, you won't have any time to worry about failure and The past can't see you, but the future is listening.

andyrra.com

Translate

Java Filipino Czech English iran Romania Thailand Bangladesh India India French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

poto

Mounting created Bloggif

16 Jun 2013

Cara memperbaiki DVD Player yang No Disc


Seiring dengan frekuensi pemakaian membuat DVD Player mengalami kerusakan. Memang jenis kerusakannya berbeda-beda. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah DVD Player yang Sering No Disc atau Macet pada saat membaca keping disk. Memang DVD Player sekarang memiliki fasilitas USB yang bisa digunakan untuk memutar file video atau musik lewat flash disk, tetapi jika fasilitas untuk membaca keping disk bermasalah rasanya tetap ada yang kurang. Jika saat ini DVD Player anda mengalami kerusakan seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu DVD Player yang sering No Disc atau macet, maka mungkin bisa mencoba memperbaikinya sendiri dulu. Bagaimana caranya ? Silahkan simak terus artikel berikut.
Cek DVD Player Anda mulai dari  yaitu motor pemutar disknya. Jika anda punya motor penggantinya, coba langsung ganti saja motornya. Harga Motor = 8-15 ribu. Tapi kalau anda tidak punya stok motor pengganti, Anda bisa mencoba trik berikut ini untuk memperbaiki motor pemutar disk yang rusak :
  1. Bisa juga mengatasi motor yang membuat NO DISC dengan menyemprotnya dengan cairan contact cleaner atau bisa juga dengan WD40 di bagian AS motor nya. 
  2. Jika Cara no 1 tidak berhasil coba cara 3 – 6 berikut ini. 
  3. Lepas 2 kabel tegangan motor pemutar disknya. Motor ini bekerja pada tegangan 5 volt DC. 
  4. Hubungkan motor ini dengan tegangan 12 volt DC selama 1/2 – 1 menit. Ulangi sampai 3 kali, jika perlu balik + dan – nya agar motor berputar ke arah yang berlawanan. 
  5. Trik di atas adalah untuk membersihkan karat di AS motornya. Tegangan diberikan lebih besar agar putaran lebih kencang dan mampu menghilangkan kotoran atau karat di AS motor. 
Cara ini 90% bisa mengatasi permasalahan motor pemutar disk anda yang rusak / macet yang mengakibatkan sering NO DISC.

Beberapa kasus yang umum terjadi pada DVD player :

  • DVD Menyala tapi tidak bisa baca Disk DVD 
  • Menyala tidak bisa baca Disk VCD/MP3 
  • Menyala tapi pilih-pilih kaset / disk 
  • Menyala tapi tidak tampil dilayar TV 
  • Mati Total 
  • Dan lain-lain
dvdplayer
Jika menemukan kendala atau kasus dvd player tidak bisa baca disk, buka penutup dvd player sebelum membukanya pastikan arus listrik / arus dari jala-jala pln tidak terpasang, seperti terlihat pada gambar diatas Power Supply, Mpeg, dan Mekanik disk. Power Supply DVD berfungsi sebagai pengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah atau ada juga yg bilang dengan adaptor, dulu power VCD menggunakan travo sedangkan sekarang penggunaan travo linier sudah semakin berkurang, hampir semua peralatan elektronik menggunakan switching sebagai supply, pemakaian arus listrik lebih irit, bentuk lebih kecil dan lebih tahan, kuat arus yang keluar bisa dikatakan stabil.

Tegangan atau catu daya yang keluar dari power supply tersebut bervariasi tergantung dari dvd playernya sendiri, umumnya + 5 VDC, +12 VDC dan - 12 VDC bahkan ada juga yg lain, ada juga yg hanya menggunakan tegangan sebesar 5 volt saja.

MPEG, bagian ini termasuk bagian yg paling penting pada DVD / VCD / MP3 / MP4 player atau bisa kita katakan sebagai otaknya, yg mengendalikan menerjemahkan memproses data hasil pembacaan optic juga perintah-perintah lainnya.Mpeg yang banyak diberedar menggunakan chipset MT1389D.

Mekanik secara teknis saya sendiri tidak tau apa namanya sebut saja "MEKANIK", didalam mekanik tersebut terdapat motor yg berputar dan memutarkan kepingan disk, juga ada Optic yang berfungsi membaca semua data yg ada pada kepingan.

dvdmotor
Motor pemutar CD, perhatikan gambar diatas dimekanik ini menggunakan motor dc atau ada juga yg bilang dinamo ada tiga motor : motor yang berfungsi untuk menggerakkan posisi optic, motor berfungsi untuk memutar piringan disk dan motor untuk membuka dan menutup pintu.selain motor pada mekanik juga terdapat beberapa sensor ada yg menggunakan photo dioda dan ada juga menggunakan switch biasa, dimana fungsinya untuk memberitahu batas-batas gerak atau putar dari motor-motor yg terdapat didalam mekanik tersebut.

kerusakan yg biasa terjadi pada motor diatas biasanya poros atau as tidak dapat berputar seperti biasanya, tidak normal bisa disebabkan karena poros ngjem sehingga as tidak dapat berputar ada juga yg berkarat kotor terkena debu bisa juga karbon dan cincin didalam motor sudah habis / aus.

jika hal tersebut terjadi pada motor penggerak pintu disk, kemungkinan pintu tidak bisa terbuka atau tertutup, jika terjadi pada motor penggerak optic bisa dipastikan optic tidak dapat membaca data yang ada pada piringan,

Perbaiki DVD Player rusak No Disc kemungkinan bagian yang rusak dan diperiksa :
  1. Power Supply cek tegangan yg keluar bisa saja tegangannya tidak stabil, lihat beberapa kapasitornya terkadang ada yg membengkak, sehingga supply tegangan yg dihasilkan tidak baik dan mempengaruhi kerja impeg, terutama pada tegangan + 5 Volt pastikan tegangan tidak kurang dari 4,5Volt.
  2. Coba perhatikan opticnya, dengan melepaskan kepingan vcd / dvdnya dan nyalakan powernya lihat apakah optic mengeluarkan sinar berwarna merah (hanya beberapa saat), jika tidak sama sekali kemungkinan kerusakan ada pada optic atau mpegnya.
  3. Masukan kepingan CD kedalam drive pemutar dan lihat sewaktu disk dimasukkan, apakah kepingan berputar atau tidak, jika tidak perhatikan motor penggerak bisa saja ngejem, semprotkan motor dengan pembarsih contact cleaner atau WD40, ukur tegangan buat motor jika tegangan ada dan motor rusak kemungkinan sikat atau cincin motor rusak solusinya ganti motor tersebut.
  4. DVD Player bisa baca MP3,VCD dan CD untuk memastikan kerusakan no disc, coba tes satu persatu dengan memasukan kepingan dari yang terendah, misal coba tes dengan menggunakan CD (compact disk), kemudian coba dengan kepingan VCD juga  MP3 Disk dan terakhir DVD, gunakan kepingan disk yang baik / kalau dapat disc original beberapa kasus no disk disebabkan optic sudah lemah pembacaan sudah tidak fokus, bisa dibilang pilih-pilih kaset.
  5. Jika keadaan motor penggerak baik, dan power supply dalam keadaan baik coba periksa transistor 8850 yang terdapat pada impeg bisa saja short / rusak.
  6. Kerusakan terakhir pada bagian ic yg terdapat diboardnya mpegnya.
Jika setelah motor diganti, DVD Player tetap NO DISC, coba ganti OPTIK nya. Harga Optik kisaran 80 ribu.

Jika setelah ganti motor dan Optik, DVD Player tetap NO DISC, kemungkinan terakhir adalah boardnya yang rusak di IC ataupun komponen lainnya (transistor atau elco)

Demikian Cara Service DVD Player yang Sering No Disc / Macet. Semoga bermanfaat !



Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply

Led


copas gif

loading

SOCIAL NETWORK

email  
   
 
google plusGoogle+
 
  youtube 
 
andyrra.com

VISITOR FROM

andyrra.com

RECENT POST



>

Enter your email address:



what is my ip address?