Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Andyrra

Male, 45 years

Batam, Indonesia

If you're doing your best, you won't have any time to worry about failure and The past can't see you, but the future is listening.

andyrra.com

Translate

Java Filipino Czech English iran Romania Thailand Bangladesh India India French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

poto

Mounting created Bloggif

25 Jun 2013

Rumah Limas Palembang


Rumah Limas merupakan prototype rumah Palembang, selain ditandai dengan atapnya yang berbentuk limas, rumah limas ini memiliki ciri-ciri:
1. Atapnya berbentuk limas
2. Badan rumah berdinding papan, dengan pembagian ruangan yang telah ditetapkan (standar) bertingkat-tingkat (kijing)
3. Keseluruhan atap dan dinding serta lantai rumah bertopa di atas tiang-tiang yang tertanam di tanah
4. Mempunyai ornamen dan ukiran yang menampilkan kharisma dan identitas rumah tersebut
Kebanyakan rumah Limas luasnya mencapai 400 sampai 1.000 meter persegi atau lebih, yang didirikan di atas tiang-tiang kayu Onglen dan untuk rangka digunakan kayu Tembesu. Pengaruh Islam nampak pada ornamen maupun ukiran yang terdapat pada rumah limas. Simbar (Platy Cerium Coronarium) menjadi simbol utama dalam ukiran tersebut.
Filosofi tempat tertinggi adalah suci dan terhormat terdapat pada arsitektur rumah limas. Ruang utama dianggap terhormat adalah ruang Gegajah (bahasa kawi=balairung) terletak ditingkat teratas dan tepat dibawah atap limas yang ditopang oleh Alang Sunan dan Sako Sunan. Di ruang Gegajah terdapat Amben (balai/tempat musyawarah) yang terletak tinggi dari ruang Gegajah (+/- 75cm). Ruangan ini merupakan pusat dari rumah limas baik untuk adat, kehidupan serta dekorasi. Sebagai pembatas ruang terdapat lemari yang dihiasi sehingga show window / etledge dari kekayaan pemilik rumah.
Pangkeng (Bilik Tidur) terdapat dinding rumah, baik di kanan maupun di kiri. Untuk memasuki bilik atau Pangkeng ini kita harus melalui dampar (kotak) yang terletak di pintu yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan rumah tangga.
Pada ruang belakang dan gajah terdapat pawon (dapur) yang tingkatnya sama dengan lantai Gegajah tetapi tidak lagi dibawah naungan atap pisang sesisir.
Dengan bentuk ruangan dan lantai-lantai berkijing-kijing tersebut, maka Rumah Limas adalah rumah secara alami mengatur keprotokolan yang rapi, tempat duduk para tamu disaat sedekah sudah ditentukan berdasarkan status tamu tersebut di masyarakat. 

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply

Led


copas gif

loading

SOCIAL NETWORK

email  
   
 
google plusGoogle+
 
  youtube 
 
andyrra.com

VISITOR FROM

andyrra.com

RECENT POST



>

Enter your email address:



what is my ip address?