Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Andyrra

Male, 45 years

Batam, Indonesia

If you're doing your best, you won't have any time to worry about failure and The past can't see you, but the future is listening.

andyrra.com

Translate

Java Filipino Czech English iran Romania Thailand Bangladesh India India French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

poto

Mounting created Bloggif

7 Mei 2013

Mengamini Doa Sendiri

Bismillah
andyrra.blogspot.com

Apakah disyariatkan bagi seorang yang berdo`a untuk mengamini do`anya sendiri? Jawaban yang kuat dan benar -wallahu a’lam- adalah ‘ya’, karena ta’mîn -sebagaimana telah disampaikan terdahulu- hakikatnya adalah do`a, yang berarti: ‘ya Allah, kabulkanlah do`aku’. Dia merupakan ringkasan do`a (mujmal) setelah do`a yang panjang lebar (mufasshal). Namun, mengingat keshahihan riwayat tentang disyariatkannya ucapan ‘aamîn’ setelah membaca surat al-Fatihah bagi si pembaca dan pendengarnya di dalam dan di luar shalat, mengingat surat al-Fatihah merupakan do`a, maka sebaiknya seorang yang berdo`a tersebut mengucapkan ‘aamîn’ sewaktu berdo`a.


Di samping itu, juga berdasarkan riwayat dari Abu Zuhair an-Numairi radhiyallahu 'anhu, “bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah mendengar seorang lelaki sangat serius di dalam meminta (berdo`a), lalu beliau bersabda, ‘Do`anya pasti dikabulkan bila dia beri penutup’. Lalu seorang lelaki dari umatnya bertanya: ‘Dengan apa dia harus menutup do`anya?’ Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: ‘Dengan mengucapkan ‘aamiin’. Karena, siapa saja yang menutup do`anya dengan mengucapkan ‘aamiin’, maka pasti do`anya dikabulkan'. Lalu, si penanya itu pun menghampiri lelaki tersebut, seraya berkata, ‘Wahai si fulan, tutuplah do`amu dengan meng-ucapkan ‘aamiin’, dan bergembiralah’.” (HR. Abu Daud).

Juga, berdasarkan apa yang telah di-takhrij (dikaji riwayatnya) oleh Ibnu Mandah dari jalur Shubh bin Mikhramah, telah menyampaikan hadîts kepadaku Abu Mushbih al-Muqri, dia berkata, “Kami pernah duduk bersama Abu Zuhair an-Numairiy -salah seorang sahabat Nabi-, lalu beliau bertutur dengan sebaik-baik penuturan, dan ketika seorang lelaki dari kami berdo`a, beliau pun berkata, Tutuplah do`amu dengan mengucapkan ‘aamiin’, karena ucapan ‘aamiin’ di dalam do`a ibarat perangko yang menempel pada kertas.”( Al-Ishabah, (7/156), no. 9940) Al-Hafizh Ibnu Hajarrahimahullah di dalam “al-Fath” (Fath al-Bari, (2/262, 11/200)) juga telah menyebutkannya dan memilih bersikap diam terhadapnya.

Dari Ummu Salamah radhiyallahu 'anha, dia berkata, “Inilah do`a Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kepada Tuhannya:



اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَسْأَلَةِ وَ خَيْرَ الدُّعَاءِ.. آمِيْن، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ فَوَاتِحَ الْخَيْرِ.. آمين.
“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu sebaik-baik permintaan dan sebaik-baik do`a … aamiin, ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu pintu-pintu kebaikan … aamiin, dst.” dalam sebuah do`a panjang yang beliau seling-selingi dengan ucapan ‘aamiin’ sebanyak empat kali. (HR. al-Hakim di dalam “al-Mustadrak” dan dia telah menshahihkannya, lalu disepakati oleh Imam Dzahabi). 

Dan diriwayatkan pula dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu -dengan di-marfu’-kan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam -, bahwasanya beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,



إِذَا دَعَا أَحَدُكُمْ فَلْيُؤَمِّنْ عَلَى دُعَاءِ نَفْسِهِ
“Jika salah seorang dari kalian berdo`a, maka hendaknya dia mengamini do`anya dia sendiri.” Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adi dengan sanad yang sangat lemah sekali, mengingat di dalamnya ada Thalhah bin ‘Amr al-Hadhrami, yaitu seorang perawi yang ditinggalkan riwayatnya (matruk) .( As-Silsilah adh-Dha’ifah, no. 1804.) 

[Sumber: Dinukil dari kitab Tashhîh ad-Du’â`, karya Syaikh Bakar bin Abdullah Abu Zaid, edisi bahasa Indonesia: Koreksi Doa dan Zikir, pent. Darul Haq Jakarta] 

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply

Led


copas gif

loading

SOCIAL NETWORK

email  
   
 
google plusGoogle+
 
  youtube 
 
andyrra.com

VISITOR FROM

andyrra.com

RECENT POST



>

Enter your email address:



what is my ip address?