Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Andyrra

Male, 45 years

Batam, Indonesia

If you're doing your best, you won't have any time to worry about failure and The past can't see you, but the future is listening.

andyrra.com

Translate

Java Filipino Czech English iran Romania Thailand Bangladesh India India French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

poto

Mounting created Bloggif

25 Feb 2016

Titik bekam untuk kesehatan


Umat Islam memiliki sebuah solusi untuk kesehatan yaitu Thibbun Nabawi. Thibbun Nabawi atau pengobatan ala Nabi itu memiliki cakupan yang luas bukan hanya minum madu, zaitun, kurma atau bekam saja. Thibbun Nabawi mencakup nilai hidup yang harus dianut oleh Muslim seperti bersedekah, sholat Tahajud, membaca AlQuran dan sebagainya.


Semua hal sunnah dan wajib jika dikerjakan bukan saja bernilai pahala tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Bekam merupakan jalan menuju kesehatan.
Dengan melakukan bekam secara rutin sebulan sekali atau sesuai sunnah Nabi maka kebugaran dan kesehatan akan mudah kita raih dan hilanglah semua potensi penyakit yang ada dalam tubuh kita. Inilah Khasiat bekam sebenarnya.

1. Di tengah kepala/puncak kepala (Ummu Mughits)

Dari Abdullah bin Buhaimah, ia berkata,
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam di tengah kepala di (suatu tempat bernama) Lahyi Jamal sewaktu menuju ke Mekah ketika beliau sedang ihram” (HR. al Bukhary no.223)

2. Di bagian punuk (al Kaahil)

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam di tiga tempat, dua di al akhda’ain dan satu di al kaahil” (HR. Ahmad)

Berkata Imam asy Syaukani, “al KaaHil adalah apa-apa yang berada diantara dua pundak, berada pada ruas punggung yang pertama”

3. Al Akhda’ain

Terjadi perbedaan pendapat tentang penetapan titik al Akhda’ain di kalangan terapis bekam. Namun demikian menurut SOP (Standard Operating Procedure) dari ABI, titik al Akhda’ain terletak di sekitar internal jugular vein di bawah garis batas rambut kepala belakang.

4. An Naa’is/al Katifayn (Titik Bahu)

Ini adalah titik yang dibekam ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkena racun pada saat penaklukan Khaibar. Imam Ibnu Qayyim rahimahullah mengatakan,

“Ketika Nabi ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam berbekam pada bagian bahu dan merupakan lokasi terdekat ke jantung yang mungkin dibekam, maka zat beracun dalam darah itu pun keluar” (Metode Pengobatan Nabi, hal. 149)



5. ‘Ala Warik (Titik Pinggang)

“Nabi ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam telah dibekam pada pinggangnya” (HR. Abu Dawud dan an Nasa-i)

Posisi ‘ala Warik berada di belakang pusar (umbilicus), 2 jari lateral dari tulang belakang.

6. Titik Punggung Atas Telapak Kaki (Zhahrul Qadami)

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam di atas punggung kaki dari rasa sakit yang beliau rasakan, padahal beliau sedang berihram” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Lokasi titik zhahrul qadami terletak 1 jari di atas pertemuan antara ibu jari kaki dan telunjuk kaki (lekukan distal diantara pertemuan tulang metatarsal I dan II).

Titik Bekam diatas ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, baik penyakit medis maupun penyakit non medis. diantaranya penyakit seperti : darah tinggi, kolesterol, asam urat, migrain, jantung, asma, paru-paru, diabetes, pegal linu, maag, alergi, batuk, masuk angin, struk, kesurupan, gangguan jin, santet, pelet dll.

Manfaat Titik Bekam Kaki

Pernahkah anda di bekam di titik bekam kaki ? Bagi anda yang belum pernah berbekam di kaki, mungkin disini akan sedikit diuraikan manfaat titik bekam kaki.

Dibekam di kaki terkadang hanya dilakukan oleh seseorang yang mengalami keluhan pada kaki, keluhan itu bisa seperti asam urat, kaki bengkak-bengkak, gout, keram betis, sakit lutut, pegal linu di kaki dan lain sebagainya. Dibekam di daerah kaki memang memberikan efek meringankan dari keluhan secara instan. Ada beberapa titik bekam di kaki yang perlu di ketahui.

Titik-titik Bekam di Kaki

Gambar titik bekam kaki diatas menunjukan bahwa ada beberapa titik yang sering digunakan untuk membekam ketika ada keluhan di daerah kaki, titik-titik bekam tersebut adalah :

  1. Fakhd – Titik ini berada di bagian paha kaki, bisa dilakukan di atas atau samping kiri dan kanan bagian paha.
  2. Ruqbah – Titik ini berada di kanan, kiri dan atas bagian lutut kaki, bermanfaat meringankan pergerakan kaki yang pegal-pegal, pegal linu, sering kram, sering kesemutan, digunakan juga sebagai titik bekam kaki kesemutan
  3. Saaq – Titik ini berada di tungkai bawah bagian kaki, diatas mata kaki. biasa digunakan untuk melancarkan darah yang mengalir ke syaraf-syaraf kaki, titik saaq ini salah satu titik bekam untuk struk.
  4. Iltiwa’ – Titik ini berada di bawah mata kaki bagian dalam, mengangkat darah statis yang mengalir kedaerah jari kaki, digunakan sebagai titik bekam asam urat dengan menarik purin dalam darah dan salah satu titik bekak kaki kesemutan.

Zhohrul Qodam – Titik ini berada di punggung kaki, biasa digunakan sebagai titik bekam asam urat dan kaki bengkak

Manfaat bekam di kaki

Titik-titik bekam kaki di atas sudah cukup sebagai titik bekam di kaki untuk berbagai keluhan penyakit yang menyangkut organ kaki, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa alasan untuk menambahkan titik bekam di kaki di titik lain selain titik bekam yang tertera di gambar titik bekam kaki diatas.

Beberapa manfaat bekam di kaki :

  1. Melenturkan otot yang tegang di kaki
  2. Menghilangkan pegal linu kaki
  3. Mengatasi kaki bengkak
  4. Membuang zat purin dalam darah di kaki
  5. Mengobati gout (asam urat)
  6. Membantu penyembuhan sumbatan peredaran darah pada penderita struk
  7. Membuang toksin-toksin yang sering menumpuk di daerah kaki
  8. Melancarkan suplai darah pada daerah selangkangan sehingga meningkatkan fungsi vitalitas
  9. Menghilangkan sakit di telapak kaki

Bekam di Dada

Pada kasus-kasus pasien tertentu adakalanya perlu dilakukan bekam di dada, biasanya orang yang dianjurkan melakukan pembekaman disekitar dada adalah orang yang memiliki keluhan penyakit-penyakit seperti :

  1. Jantung
  2. Paru-paru
  3. Asma
  4. Batuk
  5. Hepatitis
  6. dan lainnya

Pembekaman pada titik di bagian dada memberikan efek meringankan keluhan-keluhan penyakit diatas, apabila dilakukan secara rutin bekam di dada, maka bukan tidak mungkin atas izin Allah SWT diberikan kesembuhan.

Melakukan bekam di dada terkadang harus ada perlakuan yang berbeda dengan pembekaman pada titik punggung, karena alastisitas pada kulit di bagian dada (tubuh bagian depan) berbeda dengan bagian belakang (punggung). Bisa diperhatikan dari warna kulit, ketebalan kulit dan besar kecilnya pori-pori. Apabila pembekaman atau sedotan pada alat bekam ini sama dengan daerah punggung biasanya orang yang dibekam akan merasakan sakit karena terlalu kuat dalam penyedotannya, apalagi bagi orang yang baru dibekam, pada kasus-kasus tertentu orang yang biasa dibekam di dada maka akan terbiasa dan tidak mengalami sakit.

Titik Bekam di Dada

Ada beberapa titik bekam di daerah dada yang seringkali digunakan sebagai titik terapi untuk beberapa keluhan diantaranya :

  1. Titik Bekam Paru-Paru – titik Bekam di dada ini terletak di daerah dada bagian atas, 2 titik ini segaris dengan daerah puting susu sekitar 2-3 jari tangan, biasa diguakan sebagai titik bekam untuk keluhan paru-paru, asma, batuk.
  2. Titik Bekam Jantung – titik bekam di dada ini terletak di tengah dada antara kedua puting susu kiri dan kanan, digunakan untuk keluhan penyakit jantung
  3. Titik Bekam Liver – titik bekam ini berada di bawah puting susu, letaknya 2 sampai 3 jari tangan kebawah dari puting susu, digunakan untuk keluhan penyakit liver atau hepatitis.

Titik bekam di dada ini juga di iringi dengan titik bekam lainnya sesuai dengan diagnosis, Baca Juga Bekam di Perut.

Bekam di Perut

Keluhan penyakit pada beberapa organ di bawah ini dianjurkan untuk melakukan terapi bekam di perut, yang bersangkutan dengan organ itu adalah :


  • organ limpa
  • kandung kemih
  • lambung
  • usus besar
  • usus kecil
  • • ginjal
  • limpa
  • kandung empedu

Bekam di sekitar perut sering dilakukan untuk menerapi penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ diatas, penerapis yang telah mendiagnosis bahwa suatu organ tersebutlah yang perlu dimaksimalkan agar keluhan dari penderita ringan dan sembuh atas izin ALLAH SWT, maka perlu ditentukan titik bekam. Adapun beberapa titik bekam di perut adalah :

  1. Titik Bekam organ limpa, titik bekam perut ini untuk memaksimalkan organ limpa, letaknya di pinggang agak ke depan, di bawah ujung tulang iga ke -11.
  2. Titik Bekam kandung kemih, titik bekam perut ini terletak di bawah pusar dan diatas tulang kemaluan, kurang lebih tengah-tengah diantaranya.
  3. Titik Bekam lambung, titik bekam perut ini terletak di bagian pusat perut, di tengah tengah antara ulu hati dan pusar, titik ini dikenal dengan titik middle stomach.
  4. Titik Bekam Usus Besar, titik bekam perut ini terletak 2 – 3 jari tangan di kiri dan kanan dari pusar.
  5. Titik Bekam Usus Kecil, titik bekam di perut ini terletak 3 – 4 jari tangan dibawah pusar.
  6. Titik Bekam Ginjal, titik bekam ini terletak di daerah pinggang agak ke belakang, samping luar perut. 
  7. Titik Bekam Limpa, titik bekam ini terletak di daerah pinggang agak kedepan.
  8. Titik Bekam Kandung empedu, titik bekam ini terletak di bawah ulu hati sgaris dengan puting susu kiri dan kanan.

Manfaat Titik Bekam Di Kepala

Manfaat Titik Bekam di Kepala – Dahsyatnya manfaat bekam, hingga penyakit apa saja dapat diberikan solusi oleh terapi bekam, beberapa titik bekam yang istimewa adalah titim bekam di kepala.

Titik Bekam kepala ini sangat efektif membantu penyembuhan berbagai penyakit yang berhubungan dengan sakit yang ada di kepala juga yang berada di luar kepala, baik sekitar kepala maupun lainnya di seluruh tubuh.

Keterangan berbekam di kepala

  1. Dari Anas RA, dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda : “Jika terjadi panas memuncak, maka netralkan dengan bekam, sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang diantara kalian yang akan membunuhnya“”. (Diriwayatkan oleh al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak, dari Anas RA secara marfu’, beliau menyahihkannya yang diakui pula oleh adz-Dzahabi (IV/212)
  2. Abu Ubaid menyebutkan dalam kitabnya “GharibulHadits” melalui sanad Abdurrahman bin Abi Laila : ”Bahwasanya Rasulullah Saw, melakukan bekam pada kepalanya dengan tanduk ketika disihir orang“
  3. Dari Abdullah bin Buhainah RA, dia bercerita: “Rasulullah SAW berbekam di bagian tengah kepalanya sedang beliau tengah berihram karena pusing yang beliau rasakan.” (HR. Bukhari)
  4. Dari Ibnu Umar RA, dia bercerita: “Nabi SAW pernah berbekam di kepalanya dan menyebutnya dengan Ummu Mughits.” (Kitab al-Fawaaid, dinilai hasan oleh al-Albani

Melakukan bekam pada titi bekam dikepala haruslah dilakukan oleh ahlinya, dan berpengalaman dalam menagani berbagai kasus yang membutuhkan pembekaman di daerah kepala. Anda bisa mendatangi klinik BRC-Cibaduyut untuk mendapatkan manfaat dari bekam di kepala.

Manfaat Melakukan Bekam di Titik Bekam Kepala

Beberapa manfaat yang bisa disembuhkan dengan berbekam di titik bekam kepala, diantaranya :

  • Untuk Penyakit Migrain
  • Untuk Penyembuhan Penyakit Stroke
  • Penyembuhan penyakit Pusing-pusing
  • Menormalkan hipertensi / darah tinggi
  • Penyembuhan Vertigo
  • Penyembuhan Parkinson
  • Mengobati gangguan sihir
  • Membantu mengobati jerawat
  • Mengobati Sakit Gigi
  • Mengobati masalah pada penglihatan (mata)
  • Mengobati masalah pada pendengaran (telinga)
  • Mengobati masalah pada Penciuman (hidung)
  • Mencerdaskan otak dan memperpanjang ingatan

Penjelasan Dokter tentang melakukan bekam di kepala


  1. Syaikh DR. Muhammad Musa Alu Nasr mengatakan : “Bekam dilakukan di kepala untuk mengeluarkan materi-materi yang berbahaya pada bagian tubuh bagian atas. Sedangkan khidhab(Pacar) dilakukan pada kaki untuk mengeluarkan dan menarik zat-zat yang rusak dari bagian badan paling bawah, Wallaahu ‘alam.”
  2. Dr. An-Nasimi mengatakan : “Dan manfaat bekam di tengah-tengah kepala (yakni, yang jauh dari pembuluh-pembuluh darah yang besar) dalam menghilangkan migren, menguraikan terjadinya rekasi terhadap pembuluh darah di otak yang mengakibatkan terjadinya pusing tersebut”.

Hadits Nabi Saw.

Beberapa Hadits Rasulullah Saw tentang Bekam (Al-Hijamah)
1. Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda :
“Tidak lah Allah SWT menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia turunkan pula penyembuhnya.”
(HR. Al-Bukhari dan Ibnu Majah).

2. Rasulullah SAW juga bersabda :
“Obat/kesembuhan itu (antara lain) dalam tiga (cara pengobatan), yaitu: minum madu, berbekam dan dengan kay, namun aku melarang umatku dari kay.” (HR. Al-Bukhari no. 5681).

3. Rasulullah SAW juga bersabda :
“Pada malam aku diisro’kan, aku tidak berlalu dihadapan para
malaikat, kecuali mereka itu mengatakan,
Wahai Muhammad perintahkan umat mu supaya berbekam”
(HR. Ibnu Majjah no. 5671).

4. Dalam Hadits lainnya, Rasulullah SAW juga bersabda :
“Jika terdapat kebaikan dalam pengobatan yang kalian lakukan, maka itu adalah berbekam” (HR. Abu Dawud, II/731).

5. Rasulullah SAW juga bersabda :
“Jibril mengabarkan kepada ku, bahwa bekam merupakan cara pengobatan paling bermanfaat yang digunakan oleh manusia.” (Shohihu ‘l-jami, 218)

6. Dalam Hadits lain Rasulullah bersabda :
“Barang siapa berbekam pada tanggal 17, 19, 21, maka itu
akan dapat menyembuhkan segala macam penyakit”
(HR. Tirmidzi, II/204).

7. Rasulullah Saw. bersabda :
"Kamu sekalian hendaklah berbekam pada tengah Qomahduwwah, maka akan dapat menyembuhkan 72 penyakit (Shohih Ibnu Majjah No. 3478).

8. "Bekam (Al-Hijamah) juga dapat menambah kecerdasan, kekuatan berfikir dan menambah hafalan bagi orang-orang yang menghafal" (Shohih Ibnu Majjah).

Oleh karena itu Bekam (Al-Hijamah) bukanlah merupakan sesuatu yang asing bagi umat Islam, untuk digunakan oleh masyarakat Muslim sebagai upaya pengobatan dan upaya penyembuhan berbagai macam penyakit. Siapa pun dapat mempelajari dan melakukannya.

Termasuk Anda Semua ..............................!!!Sebagai gambaran kami berikan beberapa gambar titik titik bekam Nabi semoga bermanfaat..



Gambar Titik Bekam Nabi dan Khasiatnya





Titik Bekam Hijamah Sunnah Nabi




Titik Bekam Asam Urat

Gambar Titik Bekam Nabi dan Khasiatnya




Titik Bekam Kepala atau Ummu Mughits





Demikianlah semoga bermanfaat

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply

Led


copas gif

loading

SOCIAL NETWORK

email  
   
 
google plusGoogle+
 
  youtube 
 
andyrra.com

VISITOR FROM

andyrra.com

RECENT POST



>

Enter your email address:



what is my ip address?