Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Andyrra

Male, 45 years

Batam, Indonesia

If you're doing your best, you won't have any time to worry about failure and The past can't see you, but the future is listening.

andyrra.com

Translate

Java Filipino Czech English iran Romania Thailand Bangladesh India India French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

poto

Mounting created Bloggif

13 Okt 2014

Apa itu Diabetes Insipidus

Meskipun mereka memiliki nama yang sama, diabetes mellitus dan diabetes insipidus adalah dua kondisi yang sama sekali terpisah dengan mekanisme yang tidak terkait. Jumlah penyebab baik besar urin yang akan diproduksi (poliuria), dan "diabetes" istilah berasal dari nama Yunani untuk gejala ini. Namun, diabetes insipidus adalah salah satu masalah dengan produksi hormon antidiuretik (central diabetes insipidus) atau respon ginjal terhadap hormon antidiuretik (nephrogenic diabetes insipidus), sedangkan diabetes mellitus menyebabkan poliuria melalui proses yang disebut diuresis osmotik, karena gula darah tinggi bocor ke dalam urin dan mengambil kelebihan air bersama dengan itu.

Diabetes Insipidus adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan hormon antidiuretik yaitu hormon yang mengatur produksi air kemih, sehingga menyebabkan peningkatan produksi air kemih yang akan menimbulkan rasa haus yang berlebihan

Angka kejadian diabetes insipidus dalam populasi umum adalah3:100.000 

Tanda dan gejala


Buang air kecil yang berlebihan dan haus yang ekstrim (terutama untuk air dingin dan kadang-kadang es atau air es) yang khas untuk DI  Gejala-gejalanya sangat mirip dengan diabetes mellitus yang tidak diobati, dengan perbedaan bahwa urin tidak mengandung glukosa. Dan ada tidak ada hiperglikemia (glukosa darah). Penglihatan kabur adalah jarang. Tanda-tanda dehidrasi juga dapat muncul pada beberapa individu, karena tubuh tidak dapat mengontrol banyaknya jumlah cairanyang keluar dan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh .

Buang air kecil ekstrim berlanjut sepanjang hari dan malam. Pada anak-anak, DI dapat mengganggu nafsu makan, makan, berat badan, dan pertumbuhan, juga. Gejala yang muncul seringkali berupa demam, muntah, atau diare. Orang dewasa dengan DI diobati dapat tetap sehat selama beberapa dekade asalkan cukup air dikonsumsi untuk mengimbangi banyaknya cairan yang keluar meskipun risiko dehidrasi dan kehilangan kalium tetap mengintai.

Diagnosa

Untuk membedakan DIdari penyebab buang air kecil berlebih yang lain maka kadar glukosa darah, kadar bikarbonat, dan tingkat kalsium perlu diuji. Pengukuran elektrolit darah dapat mengungkapkan tingkat natrium tinggi (hipernatremia sebagai penanda derajat dehidrasi). Urinalisis menunjukkan urin encer dengan berat jenis yang rendah. Osmolaritas Urine dan kadar elektrolit biasanya rendah.


Sebuah tes kekurangan cairan membantu menentukan apakah DI disebabkan oleh:
1. asupan cairan yang berlebih (polidipsia primer)
2. cacat dalam produksi ADH
3. cacat dalam respon ginjal pada ADH

Adapun penyebab lainnya adalah :
1. Gangguan Hipotalamus atau hipofisa
2. Cidera Otak (Patah tulang di dasar tengkorak)
3. Tumor
4. Sarkoidosis atau tuberkulosis
5. Aneurisma atau penyumbatan ateri yang menuju ke otak
6. Beberapa bentuk ensefalitis atau meningitis

Tes ini mengukur perubahan berat badan, output urine, dan komposisi urine ketika cairan yang ditahan dan pada saat dehidrasi terjadi. Respon normal tubuh terhadap dehidrasi adalah menahan urin dan menghemat air, sehingga urin menjadi lebih pekat dan buang air kecil menjadi lebih sering. Penderita DI terus buang air kecil dalam jumlah besar urin encer meskipun tidak minum cairan apa pun. Dalam polidipsia primer, osmolalitas urin akan meningkat dan stabil di atas 280 Osm / kg dengan restriksi cairan, sementara stabilisasi pada tingkat yang lebih rendah mengindikasikan diabetes insipidus.  Stabilisasi dalam tes ini berarti,khususnya ketika peningkatan osmolalitas kurang dari 30 Osm / kg per jam selama setidaknya 3 jam.  Kadang-kadang. pengukurankadar ADH selama tes ini juga diperlukan, meskipun akan lebihmemakan waktu untuk melakukannya.

Untuk membedakan jenis DI, stimulasi desmopressin juga digunakan, desmopressin dapat dilakukan melalui suntikan, semprotan hidung, atau tablet. Pada saat menggunakan desmopressin, pasien harus minum cairan atau air hanya ketika haus dan tidak pada waktu lain, karena hal ini dapat menyebabkan akumulasi cairan mendadak pada sistem saraf pusat. Jika desmopressin mengurangi output urin dan osmolaritas meningkat, produksi hipofisis ADH berkurang, dan ginjal akan bekerja secara normal. Jika DI adalah karena ginjal patologi, desmopressin tidak mengubah baik keluaran urin atau osmolaritas.

Jika dicurigai adanya central DI, pengujian hormon pituitary lainnya seperti tes MRI, diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat suatu proses penyakit (seperti prolaktinoma, atau histiocytosis, sifilis, TBC atau tumor lain atau granuloma) yang mempengaruhi fungsihipofisis Kebanyakan orang dengan gangguan jenis ini pernah mengalami trauma kepala di masa lalu atau produksi ADH yang telah berhenti oleh karena penyebab yang belum diketahui.

Kebiasaan minum (dalam kondisi terparah dikenal sebagai psikogenik polidipsia) adalah jenis DI yang paling umum dari diabetes insipidus di segala usia. Sementara kasus dewasa banyak dalam literatur medis yang berhubungan dengan gangguan mental, sebagian besar pasien dengan kebiasaan polidipsia (banyak minum) tidak memiliki penyakit terdeteksi lainnya. Perbedaan ini diketahui selama pasien menjalani uji pembatasan air, karena beberapa tingkatan konsentrasi urin diatas isosmolar biasanya diperoleh sebelum pasien menjadi dehidrasi.

Patofisiologi

Keseimbangan cairan dan Elektrolit adalah mekanisme yang kompleksuntuk keseimbangan tekanan darah dan kadar natrium dan potasiumsebagai elektrolit utama. Secara umum, pengaturan elektrolitmempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Ketika volume cairan sangatberkurang, tubuh akan tetap berusaha mempertahankan kadar airmeskipun kadar eletrolit akan turun .
Pengaturan produksi urin terjadi di hipotalamus, yang memproduksi ADH dalam inti supraoptik dan paraventrikular. Setelah sintesis, hormon diangkut dalam butiran neurosecretory menuruni akson dari neuron hipotalamus ke lobus posterior kelenjar hipofisis, di mana disimpan untuk fungsi selanjutnya. Selain itu, hipotalamus mengatur sensasi rasa haus dalam inti ventromedial dengan merasakan peningkatan osmolaritas serum dan menyampaikan informasi ini ke korteks.

Organ utama pengatur keseimbangan cairan adalah ginjal. ADH berperan dengan meningkatkan permeabilitas air di saluran pengumpul dan tubulus distal yang secara khusus berperan pada protein yang disebut aquaporins dan lebih khusus lagi yaitu aquaporin 2 dalam baganberikut, ADH (vasopresin argenine-AVP) yang diproduksi di hipotalamus dan disimpan di hipofisis posterior . Ketika diproduksi, ADH berikatan dengan V2 G-protein reseptor digabungkan dalam tubulus distal , AMPcyclic meningkat, yang berpasangan dengan protein kinase A, merangsang translokasi saluran 2 aquaporin yang disimpan dalam sitoplasma dari tubulus distal dan collecting ductske apikal membran. Saluran memungkinkan masuknya air ke dalam sel ductus. Peningkatan permeabilitas memungkinkan untuk reabsorpsi air ke dalam aliran darah,yang mempengaruhi peningkatan konsentrasi urin.

Angka kejadian diabetes insipidus herediter di lapangan adalah kurang dari 10%

Klasifikasi

Beberapa jenis DI antara lain:

1. Neurogenik (Diabetes Insipidus Neurogenik)
Neurogenik diabetes insipidus, lebih dikenal sebagai central diabetes insipidus, adalah karena kurangnya produksi vasopresin dalam otak.

2. Nephrogenic(Diabetes Insipidus Nephrogenic)
Nephrogenic diabetes insipidus adalah karena ketidakmampuan ginjal untuk merespon vasopresinsecara normal

3. Dipsogenic
Dipsogenic DI berkaitan dengan cacat atau kerusakan pada mekanisme rasa haus, yang terletak di hipotalamus. Cacat ini menyebabkan peningkatan abnormal rasa haus dan asupan cairan yang menekan sekresi vasopresin dan output urin meningkat. Desmopressin tidak efektif, dan dapat menyebabkan overload cairan karena rasa haus yang menetap.

4. Gestational
DI Gestational hanya terjadi selama kehamilan. Selama kehamilan, semua wanita menghasilkan vasopressinase dalam plasenta, yang memecah ADH. DI Gestational diperkirakan terjadi dikarenakan produksi vasopressinase berlebihan.

Sebagian besar kasus DI kehamilan dapat diobati dengan desmopressin. Dalam kasus yang jarang terjadi, bagaimanapun, kelainan pada mekanisme rasa haus memicu DI kehamilan, dan desmopressin tidak boleh digunakan.

Diabetes insipidus juga berhubungan dengan beberapa penyakit serius kehamilan, termasuk pre-eklampsia, HELLP sindrom dan perlemakan hati akut dalam kehamilan. Hal ini merupakan penyebab DI dengan aktifasi vasopressinase hati. Sangat Penting untuk mempertimbangkankemungkinan penyakit tersebut jika seorang wanita menderita diabetes insipidus saat hamil, karena kebutuhan penanganankhusus apabila diperlukan untuk melahirkan lebih dini sebelum penyakit tersebutsemakin parah. Kegagalan pengobatan penyakit ini dengan segera dapat menyebabkan kematian ibu atau perinatal.

Pengobatan

Central DI dan DI pada kehamilan memiliki respon baik pada pengobatan dengan desmopressin. Carbamazepine sebagai obat anticonvulsive, jugaberhasildalam pengobatan beberapa jenis DI. DI pada kehamilan cenderung mereda sendiri empat sampai enam minggu setelah persalinan, meskipun beberapa kejadian mencatat adanya kekambuhanpada kehamilan berikutnya. Pada dipsogenic DI, desmopressin biasanya tidak digunakan sebagai pilihan pengobatan.

Desmopressin tidaklah efektif dalam pengobatan nephrogenic DI. Sebaliknya, pengobatan hidroklorotiazid diuretik (thiazide diuretik) atau indomethacin dapat memperbaiki diabetes insipidus nefrogenik. Diuretik thiazide terkadang dikombinasikan dengan amiloride untuk mencegah hipokalemia. Seringkali ada kebimbangan untuk mengobati diuresis ekstrim dengan diuretik, tetapi diuretik thiazide akan menurunkan reabsorpsi tubulus distal dari natrium dan air, sehingga menyebabkan diuresis. Hal ini mengurangi volume plasma, sehingga menurunkan GFR dan meningkatkan penyerapan natrium dan air dalam nefron proksimal.Semakin sedikit cairan mencapai nefron distal, sehingga keseimbangancairan secara keseluruhan dapat diperoleh .

Lithium-induced nephrogenic DI dapat secara efektif dikelola denganpemberian amiloride, diuretik rendah kalium sering digunakan bersama dengan diuretik thiazide. Dokter telah menyadari toksisitas lithium selama bertahun-tahun, dan secara tradisional telah diberikan diuretik thiazide untuk lithium-induced poliuria dan diabetes insipidus nefrogenik. Namun, amiloride baru-baru ini terbukti menjadi pengobatan yang berhasil untuk kondisi ini.

Etimologi

Kata "diabetes" (pron.: / ˌ daɪ.əbi ː ti ː z / atau / ˌ daɪ.əbi ː tɨs /). Berasal dari Bahsa Latin,yaitu Diabetes, yang berasal dari Yunani Kuno ,διαβήτης (Diabetes) yang secara harfiah berarti "seorang pengembara" Aretaeus dokter Yunani Kuno dari Cappadocia (fl. pada abad pertama Masehi) menggunakan kata,"kencing berlebihan ", sebagai nama untuk penyakit tersebut . Pada akhirnya, kata datang dari διαβαίνειν Yunani (diabaínein), yang berarti " melewati", yang terdiri dari δια-(diameter-), yang berarti "melalui" dan βαίνειν (bainein), yang berarti "pergi" . Kata " diabetes "pertama kali direkam dalam bahasa Inggris, dalam bentuk" diabete ", dalam sebuah buku kedokteran yang ditulis sekitar tahun 1425.

"Insipidus" berasal dari kata Prancis insipide, dari inspidus bahasa Latin (hambar), dari bahasa Latin: in-"tidak" + sapidus "lezat" dari sapere "memiliki rasa" - yang berarti "kurang rasa atau semangat, tidak enak". Hal ini karena diabetes insipidus tidak memiliki glycosuria (ekskresi glukosa ke dalam urin).

Semoga Bermanfaat...

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply

Led


copas gif

loading

SOCIAL NETWORK

email  
   
 
google plusGoogle+
 
  youtube 
 
andyrra.com

VISITOR FROM

andyrra.com

RECENT POST



>

Enter your email address:



what is my ip address?