Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Andyrra

Male, 45 years

Batam, Indonesia

If you're doing your best, you won't have any time to worry about failure and The past can't see you, but the future is listening.

andyrra.com

Translate

Java Filipino Czech English iran Romania Thailand Bangladesh India India French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

poto

Mounting created Bloggif

5 Des 2013

CARA MENGGANTI SPULL / COIL PADA SPEAKER


Bagi mereka yang saat ini suka dengan dunia sound system sangatlah cocok karena tidak menutup kemungkinan dari peralatan mereka pada suatu saat akan mengalami kerusakan. Baik itu Mixer, Power Soud Amplifier dan lebih-lebih Spul pada speakernya. Nah mari kita membahas bersama secara sederhana cara memasang sendiri spul speaker kita yang rusak akibat kelebihan beban daya out put power amplifier sehingga spulnya terbakar. Kita sering ganti baru kalau speaker kita jebol. yang kadang2 harganya sangat mahal. dan juga sayangkan kalau speaker kita yang jebol tadi dibuang.

Disini saya akan coba cari solusi agar sedikit hemat kalau speaker kita yang lama sudah rusak ataupun jebol. Lumayan mudah dan menghemat biaya. Tapi yang penting kita harus mengerti dan mampu menggunakan alat bantu yang dipakai untuk mereparasi speaker kesayangan kita yang telah terbakar spulnya tadi.

Ciri-ciri spul speaker rusak.

  1. Tidak bunyi sama sekali ( jika perkawatan udah di cek )
  2. Kalau toh berbunyi, sangat pelan ( krek.. kre..k )
  3. Berbau sangit ( khas benda terbakar )
  4. Bisa umpan balik ke power. semacan konsleting (hubungan singkat)





Untuk posting kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengganti spul pada speaker. pertama siapkan peralatan sebagai berikut:
  1. PISAU CUTER
  2. LEM SPEAKER ( bisa lem fox stik atau lem khusus speaker).
  3. SPUL atau COIL PENGGANTI ( sesuakan ukurannya nanti setelah coil terbuka).
  4. Klise atau bekas film. Kalau gak ada bisa pakai mika yang aga tebal setebal klise.
Pertama, posisikan loud speaker dari depan, kemudian buka penutup coil (biasanya berbentuk bulat atau corong) dengan pisau cuter secara perlahan ( jangan sampai terkena CONUS / MEMBRAN). Setelah penutup terbuka coil akan kelihatan, lepas coil tersebut dengan pisau cuter secara perlahan juga.

Setelah coil terangkat, bersihkan sisa serpihan lem/kertas dari dalam loudspeaker kemudian ratakan / rapikan bekas lem pada membran speaker ( ukur dengan spul yang baru agar mudah memasukannya).

Langkah selanjutnya buka titik solderan anta kawat spul dengan kabel speaker( biasanya kabelnya berbentuk seperti kawat tembaga yang dianyam),




Oke, setelah semuanya terbuka dan bersih giliran sekarang pasang spulnya ( jangan terlalu tinggi atau rendah, nanti akan mempengaruhi kualitas suara), berikan lem secara merata antara spul /coil dengan membran speaker, tunggu sampai lem kering. Kemudian setelah lem kering solder kedua ujung spul dengan kabel speaker. jangan lupa tutup dengan lem pada titik soldera tadi.

Detail pemasangannya sbb :
  1. Buka spul speaker yang terbakar tadi pelan pelan. Jangan sampai merusak kertas resonansinya.
  2. Bersikahkan dari sisa arang atau sisa pembakaran spul.
  3. Lebarkan sedikit lubang tempat spul dengan cater agar mudah memasukanya.
  4. Masukkan spul jangan terlalu kedalam atau sebaliknya. usahakan sesuaikan dengan permukaan ujung magnet dengan batas lilitan spul yang atas.
  5. Kuncilah hasil pemasangan spul tadi dengan plastik film agar bisa pas dan tidak begeser dengan logam di kiri kanannya.
  6. Aduk lem tadi dengan benar. Kemudian oleskan dengan baik pada spul dengan kertas resonannya.
  7. Jangan lupa jika lem sudah kering betul , plastik filem harus diambil.
  8. Kelupas ujung spul dengan yang menuju ke pin.
  9. Solder kawat tadi dengan pin yang menghubungkan ke terminal + - speaker. Jangan lupa kawat tadi
  10. juga di lem dengan kertas lesonan agar awet dan tidak mudak rusak/putus.
  11. Cek dengan AVO meter pada 1X ohm. Nyambung dan berbunyi krek.. krekk...
Coba dipasang ampli. hasilnya bagaimana ???

Untuk langkah selanjutnya pengetesan awal speaker dengan cara menyambung ke peralatan ampli, bila sudah terdengar suara berarti OKE. Tutup kembali spul . SELESAI.
Mohon maaf apabila ada kekurangan tolong ditambahkan.

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply

Led


copas gif

loading

SOCIAL NETWORK

email  
   
 
google plusGoogle+
 
  youtube 
 
andyrra.com

VISITOR FROM

andyrra.com

RECENT POST



>

Enter your email address:



what is my ip address?