11 Nov 2014

Modifikasi subwoofer

Salah satu hobby saya mendengar music, saya sangat senang sekali mendengarkan music yang sound systemnya yang ok. Senang sekali rasanya bisa mendengarkan music atau melihat film dengan dibarengi suara yang terdengar nyaman ditelinga, untuk perangkat audio yang bisa buat suara renyah, sudah barang tentu kita akan merogoh kocek yang lumayan dalam, jika kita memang mampu tentu hal itu tidaklah menjadi masalah. Disini saya akan berbagi pengalaman dalam membuat subwoofer, subwoofer sendiri sudah pasti sangat dibutuhkan untuk perangkat audio, karena untuk menghasilkan suara bass yang lebih kita pasti akan membutuhkan ini.
Baiklah saya akan langsung saja memberikan spesifikasi subwoofer yang saya buat, untuk rangkaian power amplifiernya saya menggunakan rangkaian dibawah ini :





 
Kemudian untuk rangkaian filternya saya menggunakan circuit keluaran dari melody, seperti ini rangkaiannya
untuk hasil yang maksimal gunakan semua komponen yang tertera pada partlist.

Dan untuk speaker saya menggunakan American boss 10''



Untuk design boxnya saya menggunakan seperti gambar berikut :






Untuk suara yang dihasilkan buat saya lebih dari cukup ( memuaskan ), suara bass cukup dalam dan pulen, pokoke ma'nyus lah.

sistem ini sudah saya ujicoba untuk komputer saat main game 3D FPS. efek suara dalam game seperti: suara tembakan tank, ledakan granat, ledakan bom serasa open dan berdentum. mantap kalau main game pake sound system seperti ini. kalau ingin beli jadi juga bisa, pilih speaker aktif yang dilengkapi dengan speaker subwoofer.
tapi kalau saya sendiri, lebih puas kalau merakit dan bereksperimen sendiri akan tetapi hasilnya juga ada. selain itu sistem amplifier yang sudah kulengkapi dengan Subwoofer juga sudah saya pakai untuk memperkuat sound keluaran dari MP4, DVD player, PC, dan laptop.

Demikianlah semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar