29 Jul 2013

Cara membuat menu shutdown windows 8

Pada Windows 8, shutdown atau restart PC itu tidak semudah seperti dulu. Sebenarnya, dibutuhkan upaya lebih banyak untuk me-restart / shutdown di Windows 8 daripada yang pernah lakukan pada Windows XP, Vista, atau 7. Saya sendiri juga bingung mengapa Microsoft membuat seperti itu,api menurut saya hal ini karena interface Metro.
Pada Metro interface, Semuanya layar penuh dan terlihat bagus dan bersih meskipun masih membuat kebingungan. Namun, sekarang yang harus anda lakukan yaitu mencari option dan pengaturan yang digunakan untuk menjadi satu klik.
Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk restart atau shutdown PC Anda. Salah satu cara adalah charms bar, yang sangat lambat. Disini Saya juga mengajarkan bagaimana menambahkan shortcut Shutdown dan Restart ke dalam menu start. 
Pada dasarnya, Charms bar adalah tempat di mana Anda harus mematikan PC. Anda bisa mendapatkan Charms bar dari setiap tampilan aplikasi, dari desktop atau dari menu Start sendiri dengan mengarahkan mouse Anda di sudut kanan atas. Jika Anda lebih memilih shortcut keyboard, tekan Windows Key + C. 
Bagi pengguna yang baru beralih ke windows 8 pasti menemui kesulitan dalam menemukan tombol shutdown. Karena tombol ini letaknya tersembunyi. Tidak seperti di windows 7 untuk mematikan komputer kita cukup klik start dan shut down, di windows 8 kita perlu buka charm menu - setting - power - shutdown. Hal ini tentu sangat merepotkan bagi sebagian orang.
Penggunaanya tidak jauh berbeda, Windows 8 mempunyai tampilan fresh dan akses cepat memuat aplikasi. Namun yang membedakan secara esensi dengan Windows 8 dengan Windows 7 adalah tampilan kotak-kotak minimalis, simple, “Start Screen” dan penggunaan menu khusus lainnya pada Home (Start Screen), All Program, dan PC Setting. 
Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara membuat menu shutdown, restart, hibernate, dan sleep ke screen windows 8 anda.


1. Buat Shortcut baru pada desktop dengan cara klik kanan di desktop dan pilihNew > Shortcut

2. Ketikkan perintah berikut:
   shutdown /s /t 0

3. Setelah klik next masukkan nama untuk shortcut anda dalam contoh ini "shutdown", nama ini hanya memudahkan anda mengingat fungsi menu ini, tidak ada fungsi lain.


4. Shortcut telah selesai dibuat. sekarang klik kanan shortcut tersebut dan plih properties.

5. pilih tab icon, akan muncul messagebox "shutdown.exe contain no icon" klik OK


6. pilih salah satu icon yang tersedia yang menurut anda cocok.


7. tombol shortcut telah memiliki icon. Anda juga bisa memasukkan shortcut ini ke taskbar dengan cara klik kanan icon dan plih Pin to Start



8. Untuk pembuatan Restart, Hibernate, Sleep langkah-langkah yang dilakukan sama kecuali untuk poin no.2 cukup mengganti sesuai dengan keinginan anda:
   Restart : shutdown.exe -r -t 00
   Hibernate : rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState
   Sleep : rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0


NB: Bagi pengguna yang tidak ingin membuat icon bisa juga menggunakan shortcut keyboard pada saat tampilan desktop. cukup dengan mengetik Alt+f4, akan muncul kotak pilihan untuk shutdown dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar