4 Mei 2013

AlQuran for MS-Word Ver. 1.3


Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 merupakansoftware yang berfungsi untuk menyalin dan mempublikasikan cayat-ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word. Software ini berupa plug ins tambahan untuk Microsoft Word sehingga hanya dapat dijalankan dalam Microsoft Word.

Bagi Anda yang ingin menambahkan fitur Al-Quran pada aplikasi Ms. Word 2000/XP/2003/2007/2010 anda dapat menginstall program kecil yang bernama “Qur’an In Word English 1.3“. Program ini adalah program versi terbaru dari versi Qur’an in word yang dulu sudah umum beredar, yaitu “Qur’an in word 2003″.

Download link program ada di bagian bawah tulisan.

Mengapa saya bilang versi baru ?
  1. Klo Qur’an in word yang lama, ukuran file-nya hanya sekitar 970 Kb, sedangkan Qur’an in word 1.3 alias yg baru ukuran filenya 1,3 Mb dengan tambahan plugins multi bahasa sebesar 6 Mb lebih dikit.
  2. Klo Qur’an in word yang lama terjemahannya hanya bahasa Indonesia, sedangkan Qur’an in word 1.3 yang baru terjemahannya ada 11 bahasa, yaitu Albania, Bosnia, English Muhsin Khan, English Yusuf Ali, Farsi, French, German, Indonesia, Malay, Russian.
  3. Dan yang paling penting adalah di versi yang terbaru ini (Qur’an in word 1.3) tulisan Arab-nya dapat di set menjadi standar Unicode sehingga tulisannya lebih standar dan dapat dicopy paste-kan ke berbagai aplikasi pengolah kata.
    Jadi klo Qur’an in word versi lama, dokumen yang menggunakan tulisan Arabic-nya hanya dapat terbaca dikomputer lain apabila di komputer lain tsb juga menginstall Qur’an in word 2003 juga. Apabila tidak terinstall, maka tulisannya akan menjadi simbol-simbol aneh yang tidak dapat dibaca.
    Sedangkan Qur’an in word versi 1.3 ini, jika kita  memasukkan tulisan Arabic-nya yang versi Unicode (dengan mencontreng pilihan Unicode), maka sekalipun dokumen tsb dibuka di Word yang belum terinstall Qur’an in word, maka tulisan Arabic-nya tetap terbaca, insyaAlloh.
Kesimpulannya, silahkan unduh/download dan install Qur’an in word versi 1.3 ini yang insyaAlloh lebih kompatibel dengan aplikasi pengolah kata yg lain (bahkan tulisan Arabic-nya bisa dicopy paste-kan ke WordPress tanpa masalah, asal yang unicode yah).
Aplikasi ini diperlukan khususnya mereka yang sering membuat tulisan yang mencantumkan ayat-ayat Al-Qur’an, seperti penerjemah kitab, makalah, editor, ustadz, dll dsb.
Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat…. Amin.
Link Download, silahkan klik link berikut :
  1. Qur'an In Microsoft Word 1.3 - Indo
  2. Qur'an In Microsoft Word 1.3 - English

Tidak ada komentar:

Posting Komentar