14 Mar 2016

Cara memperbaiki Power Bank

Di era yang super cangih saat ini kita sudah membutuhkanm piranti pendukung hp yaitu Power bank

Power bank memang khusus dibuat untuk orang-orang lapangan yang jarang masuk ruangan, dan orang yang sering dalam perjalanan. Benda mungil itu memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari ribuan mAh sampai puluhan ribu mAh

.Untuk penggunaan power bank sendiri cukup mudah. Untuk pengisian cukup dilakukan seperti saat kita men-charge handphone biasa.

Setelah penuh power bank dapat digunakan. Pemasangannya juga hanya seperti saat kita men-charge handphone biasa. Untuk lama tidaknya sebuah power bank dapat digunakan tergantung dari daya yang dapat disimpan dari power bank tersebut(biasanya dalam ukuran mAh)
Bagaimana jika power bank anda rusak ? lampu power bank tidak menyala ? Lampu Power Bank Berhenti Berkedip ? Power Bank Tidak mau di Carger ? atau memang Power Bank Anda Terendam Air ? berikut adalah tutorial memperbaiki masalah pada power bank disini saya akan membahas Power Bank Rusak Tidak Naik Arus ini dia solusinya. Banyak segala kasus-kasus yang terjadi pada power bank kita,mulai dari tidak naiknya arus listrik, tidak terconeksi ke handphone bahkan ada juga power bank mati total dan tidak bisa di gunakan lagi ! anda jangan khawatir dan jangan dibuang jika memang ada power bank yang sudah rusak ? Bongkar power bank anda,caranya ?

= langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, buka seluruh power bank.Untuk dapat membuka Chasing PowerBank, dapat menggunakan Minyak Kayu putih untuk mematikan rekatan lem yang ada pada sisi-sisi chasing,oleskan secara merata, namun tidak sampai banjir atau berlebihan.setelah itu bantu congkel celah sisi chasing dengan obeng minus kecil.



= Langka kedua cek kabel mungkin ada yang terputus cek kabel yang masuk ke dalam kepala carger Hp kebanyakan longgar karena sering di cabut Lihat beberapa tembaga yang terhubung dari perangkat PBC apakah ada yg terputus ? jika anda silahkan tempatkan pada posisi semula dan silahkan anda sodier menggunakan aluminium. Menggunakan 2 buah Batrey Charger dengan tipe LR1865SE,tegangan 5volt, bahan Lithium Ion, maksimal amper charging : 2200mA.
Keterangan : jika Power bank anda terendam air. maka anda harus membersikan dan mengerikan isi PBC dengan alat bantu,seperti pengiring rambut,pompa angin,kipas angin,dll. jemur sampai kering. lalu pasang kembali.

= Langka ketiga cek pembengkakan pada batre dalamnya dan ganti dengan batrai yg baru

= Langkah terakhir coba di cek switch ON/OFF berupa Transistor untuk output ke soket USB rusak daya Batre tidak cukup (5V) sehingga tidak bisa di gunakan charging HP,akibat Sumber arus pengisi batre rusak/Putus, atau akibat IC control level batre tidak berfungsi.

Cara memperbaikinya :

- cek kabel mungkin ada yang terputus
- cek kabel yang masuk ke dalam kepala carger Hp kebanyakan longgar karena sering di cabut
- buka power bank menggunakan obeng kusus,perangkat PBC mungkin terbakar
- cek pembengkakan pada batre dalamnya dan ganti dengan batrai yg baru

Cara merawat power bank :

Salah satu kesalahan fatal pengguna power bank adalah membiarkan sampai habis baru kemudian dicharge. Ini adalah cara yang salah sehingga menyebabkan powerbank anda cepat rusak.
Isi Power Bank adalah baterai, persis seperti baterai blackberry anda. Jadi cara merawatnyapun sama dengan baterai smartphone anda.

Perhatikan baik-baik jenis baterai Power Bank



- ada 2 jenis baterai yang umum yaitu Li-ion atau Li-Po
Ciri khas baterai Li-Ion adalah lebih berat daripada Li-Po, biasanya harganya lebih mahal karena memiliki umur yang lebih panjang.
- Semua baterai berjenis lithium tidak boleh sampai benar-benar habis. Idealnya tinggal 5 – 10% baru dicas / di charge sampai penuh.
- Jika anda berniat menyimpan Power Bank anda, pastikan kapasitasnya 40% – 60%. Jangan dihabiskan atau dipenuhkan.
- Baterai berjenis Li-Ion atau Li-Po tidak memiliki memory effect. Jadi anda tidak perlu kuatir kalau dicas / dicharge 90% maka kapasitasnya hanya 90%.
- Baterai yang memiliki memory effect itu jenis Ni-Cad / Ni-MH yang biasanya digunakan untuk notebook entry level.
- Powerbank tidak boleh jatuh, apalagi yang kapasitasnya besar.
60% power bank yang terjatuh langsung rusak. Karena itu ada baiknya anda melindungi power bank anda dengan yang empuk-empuk untuk mengurangi efek benturan

Saya juga punya solusi apabila power bank anda sudah tidak bisa lagi diperbaiki,  adapun caranya membuat power bank darurat.
adapun caranya
1. Sebelumnya diperjalanan carilah toko elektronika dan beli komponen seperti : IC 7805 (1 biji), Baterai kotak ( 1 biji ), kabel ( setengah meter saja ).dan jg kabel data
2. Cara merakitnya seperti gambar di bawah ini.


Demikianlah Cara Memperbaiki Power Bank,
Follow kami untuk mendapatkan artikel terbaru , jangan lupa di like ya teman - teman semua dan semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar