5 Agu 2015

Dampak Olah Raga bagi penderita Diabetes

Apakah anda saat ini termasuk salah satu orang yang terkena penyakit diabetes dan sedang mencari cara yang cukup mudah dan efektif untuk menurunkan gula darah anda? Jika iya maka anda berada pada tempat yang tepat. Ya, kali ini anda akan mendapatkan sedikit pelajaran dan ilmu bagaimana olahraga bisa menjadi solusi tepat dan manual dalam Terapi Diabetes Melitus. Disini anda juga akan mendapatkan beberapa saran mengenai macam olahraga yang bisa anda lakukan. Nah sudah cukup basa-basinya, dan berikut ini adalah penjelasannya.

Berolahraga memang memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan dan kesegaran tubuh anda. Ya, jika anda ingin membuktikannya, hal paling mudah adalah dengan berlatih lari pagi secara rutin sekitar 10-20 menit per hari selama 2 minggu dan kemudian rasakan apa perbedaannya tubuh anda sebelum memulai dan sesudah berolahraga. Pasti badan anda akan terasa lebih segar nantinya. Nah bagi penderita diabetes, olahraga yang dilakukan secara rutin ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu :

1. Bisa mengurangi tingkat stres

Orang yang mengalami stress biasanya akan cenderung berpikiran negatif, sedih, dan juga ada rasa marah. Nah kondisi seperti ini membuat tubuh anda akan cenderung mengeluarkan zat-zat yang tidak diinginkan oleh tubuh dan salah satunya adalah zat pemicu gula darah. Tidak heran dan tidak salah jika ada orang yang bilang stress adalah sumber dari segala penyakit, karena memang stress bisa membangkitkan dan bahkan memperkuat penyakit untuk bertahan ditubuh anda. Masih ingin stress? Sepertinya anda harus berpikir ulang mengenai ini.

2. Membiasakan diri hidup sehat

Penderita diabetes yang cenderung malas-malasan dirumah rata-rata akan terbiasa untuk mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter padanya. Beberapa penderita menyatakan jika dirinya tidak mengkonsumsi obat tersebut maka badannya akan terasa sakit semua dan merasa tidak percaya diri kendati sudah membatasi konsumsi makanannya. Nah dengan berolahraga maka selain bisa sebagai Terapi Diabetes Melitus juga bisa menghilangkan ketergantungan penderita diabetes pada obat dokter yang cukup berbahaya jika dikonsumsi terus menerus. Tidak percaya? Silahkan anda coba.

3. Membakar kalori sehingga mengurangi timbunan lemak pada tubuh

Tentu saja apa yang anda dapatkan dari olahraga? Keringat. Ya, keringat ini bukan hanya sekedar cairan yang keluar tubuh saat panas saja, tetapi juga pada saat terjadi pembakaran kalori ditubuh. Semakin sering dan rutin anda ber olahraga maka akan semakin banyak kalori yang anda bakar sehingga jumlah lemak di tubuh anda pun akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya kemampuan metabolisme sel dalam menyerap dan juga menyimpan glukosa yang ada dalam tubuh.

4. Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.


Penderita diabetes biasanya memiliki masalah pada bagian kaki dan tangan dimana sering terasa agak gatal dan kaku akibat sirkulasi darah yang tidak normal karena kadar gula yang tinggi. Nah berolah raga akan membuat badan anda terasa panas, berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga permasalahan ini bisa diatasi.

Melakukan Olahraga sebagai Terapi Diabetes Melitus memang tidak mudah apalagi bagi anda yang sangat malas untuk melakukan ini. Tapi coba anda pikirkan baik-baik, manakah yang akan anda pilih antara tumbuh menjadi seorang penderita diabetes yang bertubuh gemuk dan cenderung dijauhi orang ataukah menjadi seorang yang sehat dengan tubuh ideal / atletis yang cenderung disukai banyak orang? Anda pasti sudah tahu jawabannya bukan? Nah ingat baik-baik, bahwa usaha yang anda lakukan pasti akan berhasil, kalaupun belum mencapai tujuan itu karena anda masih dalam proses dan tidak ada usaha yang gagal kecuali anda sendiri yang menggagalkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar