19 Nov 2013

PIPELINE SAFETY REGULATIONS

Pasokan gas dan permintaan kesenjangan antara daerah konsumen gas ( Jawa ) dan daerah sumber gas ( Sumatera , Kalimantan ) menyebabkan berkembangnya sistem distribusi gas Indonesia ( Petroenergy Nomor 7 Tahun IV ) . Ada pipa penuaan baik hulu dan hilir dan sistem distribusi gas baru akan membuat eksposur risiko yang lebih tinggi untuk sistem perpipaan Indonesia secara keseluruhan. Kecelakaan yang signifikan untuk pipa onshore dan offshore dalam beberapa tahun terakhir harus dianggap sebagai momentum untuk mengembangkan lebih komprehensif pipa keselamatan regulasi ( Ref ) .
Sebuah peraturan keselamatan pipa yang komprehensif pasti adalah salah satu alat penting untuk legislatif memastikan jaminan produktivitas dalam produksi dan distribusi minyak dan gas.

Peraturan  Keselamatan  Pipeline Indonesia

Minyak Indonesia dan keselamatan gas memerintah berdasarkan Undang-Undang 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dalam Pasal 40 . Khusus untuk pipa , keselamatan memerintah di bawah Menteri Instruksi ( Keputusan Menteri ) No 300/38/M/1997 . Peraturan kemudian sudah menyediakan beberapa dasar untuk keselamatan pipa tetapi ada unsur-unsur penting lainnya keselamatan pipa masih belum tertutup . Pipeline konstruktor dan operator yang mengadopsi regulasi teknis yang disediakan dalam beberapa kode pipa dan pedoman ( seri ASME B31 , API , DNV , dll) .

Peraturan Keselamatan pipa dari Negara Lain


Peraturan pipa yang terakhir berasal dari Amerika Serikat ( 49 CFR 192 , 195 ) , Inggris ( IGE/TD/1 ) , Kanada ( Z662 - 94 ) , Australia ( AS2885 - 1987) , Jerman ( TrbF 301 , 302 ) , dan Jepang ( Tsusho Sangyo Roppo ) . Bagian yang sering dibahas dalam peraturan keselamatan pipa yang disebutkan di atas adalah:


1 . kelas Lokasi
Pipeline kanan jalan diklasifikasikan ke lokasi kelas sesuai dengan konsekuensi kegagalan mereka . Klasifikasi lokasi pipa dalam peraturan keselamatan pipa umumnya dengan kepadatan penduduk , kedekatan jaringan pipa untuk bangunan umum , dan diameter pipa .

2 . bahan Kualifikasi

Bagian ini mengatur persyaratan umum untuk pemilihan dan kualifikasi bahan untuk pipa ( baja dan non - baja ) .

3 . Pipeline Pipeline Komponen dan Desain

Persyaratan minimum untuk desain pipa yang diresepkan . Parameter desain memerintah di bagian ini adalah: tebal dinding nominal , faktor desain terhadap lokasi kelas , faktor sendi longitudinal, suhu derating , dan keterbatasan desain pipa plastik . Komponen pipa yang diatur dalam peraturan adalah: katup , fitting , bagian perangkat inspeksi internal mendukung dan jangkar , dan stasiun kompresor .

4 . Konstruksi Pipeline

Masalah konstruksi memerintah adalah pengelasan pipa baja atau metode lain selain pengelasan , jalur transmisi dan listrik , perlindungan struktural ( casing dan penutup ) , dan pembersihan tanah bergabung .

5 . Pipeline Perlindungan Korosi

Bagian ini mengatur persyaratan minimum untuk melindungi pipa logam dari korosi eksternal, internal , dan atmosfer . Perlindungan korosi parameter sistem dengan perlindungan coating atau katodik memerintah adalah: persyaratan lapisan , dan persyaratan perlindungan katodik .

6 . Pipa Operasi dan Pemeliharaan

Masalah operasional yang ditetapkan dalam bagian ini adalah: persyaratan untuk prosedur manual untuk operasi , pemeliharaan, darurat , dan kualifikasi personil yang meliputi :

- Perubahan lokasi kelas ;
- Kesadaran masyarakat ;
- Kegagalan pemeriksaan;
- Survei Kebocoran ;
- Metode Perbaikan ;
- Pemeriksaan dan pengujian ;
- Katup dan inspeksi komponen pipa lainnya;

7 . Manajemen Integritas Pipeline

Bagian ini diresepkan identifikasi daerah konsekuensi tinggi ( HCA ) dan metode penilaian integritas (inspeksi internal penilaian langsung , dan selang penilaian ulang) .

Aspek-aspek khusus dibahas dalam peraturan pipa asing :

- Kehidupan Desain
Di Australia Peraturan , pada akhir umur rencana , pipa ditinggalkan kecuali operator diarahkan investigasi rekayasa disetujui menentukan bahwa terus menerus aman .

- Faktor Pihak Ketiga
Standar Australia memiliki konsep yang lebih rinci kerusakan pihak ketiga termasuk latihan dianjurkan untuk melindungi pipa dari kerusakan pihak ketiga .

- Kehidupan Kelelahan
Peraturan Inggris memiliki bagian untuk kebutuhan pipa kekuatan kelelahan pada beban siklik ;

- Isu Geohazard
Isu geohazard Onshore ( misalnya gempa ) yang diresepkan dalam Standar Jepang.

Dasar Teknis Peraturan Keselamatan Pipeline
Peraturan keamanan pipa asing disebutkan sebelumnya diatur oleh beberapa dokumen teknis yang sering digunakan sebagai kode dan standar dalam disiplin ilmu masing-masing seperti berikut :

- Bahan Seleksi : API 5L seri , ASTM , Pipa Plastik Institute ;
- Pipa Desain : ASME B16 Seri , ASME 31.8 , ASME B & PV Kode ;
- Pipa Fabrikasi dan Konstruksi : API 1104 , ASME B & PV Kode ;
- Pipa Perlindungan : NACE Standar Perlindungan katodik , dan
- Pipa Integritas : API dan Standar Integritas Pipeline ASME ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar