17 Nov 2013

Jenis Diafragma Valves , Konstruksi , Aplikasi dan Keuntungannya

Semua Valves(katup) diafragma yang dua arah . Mereka dapat digunakan sebagai katup on-off dan throttling . Katup diafragma menawarkan keuntungan dalam aplikasi tekanan rendah tertentu tidak mungkin dengan jenis lain katup . Bagian cairan mereka yang halus dan efisien , meminimalkan penurunan tekanan .  Valves cocok untuk aplikasi throttling moderat , dengan itu bisa menunjukkan karakteristik kebocoran - ketat baik, bahkan ketika mengalirkan cairan yang mengandung padatan tersuspensi.  Aliran fluida terisolasi dari bagian kerja katup , mencegah kontaminasi dari cairan dan korosi mekanisme
operasi . Karena tidak ada jalur kebocoran di sekitar batang katup,  katup hampir bocor ketat. Fitur ini membuat sangat diperlukan katup mana kebocoran ke dalam atau keluar dari sistem tidak dapat ditoleransi .
Tekanan maksimum yang katup ini dapat dikenakan adalah fungsi dari bahan diafragma dan suhu layanan. Juga, nilai desain kehidupan katup dipengaruhi oleh kondisi pelayanan . Selain itu, sistem hidrostatik tekanan tes tidak boleh melebihi rating tekanan maksimum diafragma .

Construction Valve Diafragma

Katup diafragma (Gambar A) terdiri dari tubuh kaku dibentuk dengan bendung ditempatkan di jalur aliran, diafragma fleksibel yang membentuk batas tekanan atas katup, kompresor yang digunakan untuk memaksa diafragma terhadap bendung, dan bonnet dan handwheel yang mengamankan diafragma untuk tubuh dan menjalankan kompresor.


Sketch of a weir-type of diaphragm valve in open and closed positions
Gambar. A: Sketsa bendung-jenis katup diafragma dalam posisi terbuka dan tertutup


Valves diafragma diproduksi dalam berbagai mengakhiri sambungan: pengelasan akhir socket atau butt welding, bergelang, kacau, atau berulir, klem ujung atau berakhir beralur, berakhir bersama semen pelarut untuk katup themoplastic, dan berakhir berulir pria sanitasi.

Valves body tersedia dalam dua pola: tee-pattern dan angle pattern..

Katup diafragma tersedia dalam berbagai pilihan body, diafragma, dan lapisan bahan yang cocok untuk layanan dengan berbagai macam bahan kimia. Untuk aplikasi korosif parah, katup diafragma terbuat dari stainless steel atau plastik PVC, atau mereka yang dilapisi dengan kaca, karet, timah, plastik, titanium, atau masih bahan lainnya. 

Jenis Katup Diafragma

Terutama ada dua desain dasar katup diafragma: weir dan jenis straight-through. Body interior dan akhirnya flensa dapat berbaris untuk membuat katup diafragma cocok untuk aplikasi korosif. Berbagai bahan pelapis dapat digunakan, tergantung pada aplikasi.


Weir-Type Diafragma Valves


Seperti ditunjukkan dalam Gambar. A, weir disediakan sebagai bagian integral dari body valves. Weir bertindak sebagai dudukan katup terhadap yang diafragma dikompresi untuk menghentikan aliran. Jenis katup diafragma umumnya diproduksi dalam ukuran besar. Bendung mengangkat mengurangi jumlah perjalanan diafragma dari sepenuhnya terbuka ke posisi tertutup sepenuhnya, sehingga mengurangi jumlah kesalahan dan ketegangan di diafragma.


Katup Diafragma Straight-Through


Variasi dari katup diafragma bendung adalah segera (Gambar B)


Straightway-type diaphragm valve
Gambar. B: katup diafragma Straightway-jenis dan jenis full-bore (Gambar C).

Full-bore-type diaphragm valve illustrating passage of ball-brush cleaner through valve
Gambar. D: diafragma katup Full-bore-jenis menggambarkan bagian bola-sikat bersih melalui katup

Ketika katup segera terbuka , diafragma yang mengangkat tinggi untuk merampingkan penuh aliran di kedua arah . Ketika katup ditutup , segel diafragma ketat untuk penutupan positif bahkan dengan bahan pasir atau berserat di baris.

Jenis full-bore katup yang paling banyak digunakan dalam industri minuman . Ini memungkinkan pembersihan bola - sikat dengan baik uap atau soda api , tanpa membuka atau melepaskan katup dari garis .
Keuntungan Katup Diafragma

Berikut ini ikhtisar beberapa keuntungan yang berbeda dari katup diafragma :

1 . Dapat digunakan sebagai on-off dan throttling katup layanan.
2 . Menawarkan ketahanan kimia yang baik karena berbagai lapisan tersedia.
3 . Kebocoran batang dihilangkan .
4 . Menyediakan layanan gelembung - ketat.
5 . Tidak memiliki kantong untuk padatan perangkap , dan kotoran lainnya . Sangat cocok untuk lumpur dan cairan kental .
6 . Katup ini sangat cocok untuk bahan kimia berbahaya dan cairan radioaktif .
7 . Katup ini tidak memungkinkan kontaminasi media aliran, sehingga mereka digunakan secara ekstensif dalam pengolahan makanan , farmasi , pembuatan bir , dan aplikasi lain yang tidak bisa mentolerir kontaminasi .

Kekurangan Katup Diafragma
1 . Bendung dapat mencegah drainase penuh pipa .
2 . Temperatur kerja dan tekanan dibatasi oleh bahan diafragma . Umumnya tekanan dibatasi sampai 200 psi ( 1380 kPa ) dan suhu sampai 400 F ( 204 C ) .
3 . Diafragma juga dapat membatasi tekanan hidrostatik .
4 . Diafragma mungkin mengalami erosi bila digunakan secara ekstensif dalam layanan parah throttling mengandung kotoran .
5 . Katup diafragma tersedia dalam ukuran yang terbatas , biasanya NPS ¹ / ₂ sampai 12 ( DN 15 sampai 300) .

Aplikasi Khas Katup Diafragma
1 . Air bersih atau kotor dan aplikasi layanan udara
2 . Sistem air de - mineralisasi
3 . aplikasi korosif
4 . Sistem limbah radioaktif di fasilitas nuklir
5 . layanan Vacuum
6 . Pengolahan makanan, farmasi , dan sistem pembuatan bir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar