1 Agu 2013

Manfaat dari minyak Wijen

Meski tak sepopuler minyak zaitun, minyak wijen juga dikenal sebagai minyak sehat. Di China dan Korea misalnya, masyarakat sudah akrab menggunakannya untuk mengolah makanan. Tujuan penggunaan itu tak lain untuk menciptakan cita rasa khas sekaligus pengobatan.

Minyak Wijen adalah minyak yang berasal dari sebuah proses yang dinamakan ekstraksi terhadap biji wijen. Minyak wijen sendiri terdiri atas dua macam, yaitu minyak dari biji wijen yang telah disangrai dan minyak dari biji wijen mentah.


Nah, minyak wijen dari dari biji wijen mentah inilah yang kemudian menurut Wikipedia dijadikan sebagai bahan yang bisa digunakan untuk mengolah masakan seperti menggoreng atau bahkan dicampur sebagai pelengkap penyedap rasa dari masakan itu sendiri.

Bagaimana dengan kandungan dari Minyak Wijen ini sendiri? Amankah bagi kesehatan ? Mengutip dari laporan Boldsky disebutkan bahwa minyak Wijen itu setidaknya memiliki 10 manfaat yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itulah minyak wijen kemudian bisa disetarakan dengan Minyak Zaitun yang lebih dulu dikenal baik untuk kesehatan. Berikut 10 manfaat Minyak Wijen untuk kesehatan :

Minyak Wijen memiliki kandungan zat yang disebut dengan sesamul yang merupakan zat antioksidan dan antiinflmasi yang baik untuk jantung.
Kaya akan protein, karena setiap onsnya mengandung 4,5 hingga 5 gram protein di dalamnya.
Minyak Wijen juga mengandung zat magnesium yang tinggi yang berguna untuk mencegah resistensi insulin yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes.
Kandungan seng yang terkandung pada minyak wijen juga bagus untuk kepadatan kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang.
Mampu mengatasi masalah pencernaan karena mengandung zat yang sangat baik untuk usus besar.
Kandungan zat magnesium yang tinggi di dalamnya juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
Minyak Wijen juga memiliki kandungan yang baik untuk mengurangi bakteri penyebab bau mulut sehingga baik untuk kesehatan mulut.
Minyak wijen mengandung zat anti-spasmodik yang mampu meringankan kejang otot di saluran pernafasan. Minyak ini cocok bagi penderita asma.
Minyak Wijen juga mengandung zat fitat yang merupakan antioksidan yang bisa berfungsi untuk melawan sel kangker.
Kandungan seng pada minyak wijen akan menjaga elstisitas kulit dan mendorong produksi kolagen. Selain itu, minyak ini bisa dioleskan pada kulit perut untuk mencegah stretch mark.

Apa saja manfaatnya?


Sehatkan Jantung


Salah satu manfaat minyak wijen yakni menyehatkan jantung. Hal ini karena minyak tersebut bekerja melancarkan pembuluh darah dengan meminimalkan penyumbatan. Selain itu juga menurunkan tekanan darah dan kolesterol buruk, melalui kandungan lemak tak jenuh ganda (sesamin dan sesamol) yang terdapat di dalamnya.


Cegah Kanker


Karena mengandung antioksida yang mampu membuang radikal bebas dalam tubuh, minyak wijen mampu melindungi tubuh dari kanker dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.


Atasi Hipertensi


Dilansir boldsky, sebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa diet kaya sesamin (phytoestrogen yang terkandung dalam minyak wijen) mampu mencegah terjadi hirpertensi.


Kontrol Diabetes


Minyak wijen kaya akan magnesium yang mampu melindungi tubuh Anda dari kekurangan insulin.


Sehatkan Usus


Beberapa jenis minyak yang digunakan untuk memasak cenderung meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh karena sulit dicerna. Namun tidak demikian dengan minyak wijen yang mudah dicerna dan menyehatkan usus. Minyak ini juga kerap digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan.


Tingkatkan kekebalan


Kandungan zync yang terdapat di dalam minyak wijen juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga menguatkan tulang dan gigi.


Demikian beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan pada dengan mengkonsumsi minyak Wijen. Oleh karenanya jangan sepelekan kandungan minyak wijen itu sendiri. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar