25 Jul 2013

Cara Menambah dan Menghilangkan Widgets di Android

Banyak aplikasi baru yang keren dan berguna, tak tertinggal harganya yang gratis. Tetapi aplikasi-aplikasi tersebut biasanya terdapat iklan yang sangat mengganggu bagi beberapa orang. Iklan tersebut sebagai pemasukan dari aplikasi tersebut, ketika anda sedang bermain game dan tidak sengaja klik iklan maka akan membuka jendela baru, itu sangat menjengkelkan bagi saya.

Widget bisa disebut sebagai salah satu fitur ter-keren di Android devices. Bukan saja Anda sebagai pengguna yang menyukai fitur widget itu, namun developer aplikasi juga merupakan fans dari Android widget. Dengan alasan itulah saat menciptakan aplikasi, mereka tidak lupa untuk menyertakan widget di dalamnya.


Saat install aplikasi, Anda tidak hanya akan mendapatkan aplikasi yang Anda inginkan tetapi juga akan memperoleh widget yang menyertai aplikasi itu. Widget itu kemudian bisa Anda gunakan untuk akses cepat dan mudah pada berbagai fitur aplikasi yang telah Anda install.

Lalu bagaimana cara menambah dan menghapus widget itu? Cukup mudah, karena Android diciptakan dengan segala kemudahan di dalamnya:


adapun caranya :
1. Tekan agak lama pada bagian kosong di homescreen ATAU tekan ‘menu’ dan pilih ‘add’.
2. Pilih ‘widgets’ lalu biarkan Android bekerja mengumpulkan daftar.
3. Pilih ‘widget’ dari daftar dengan cara tap. Sejumlah aplikasi yang memerlukan setting manual akan secara otomatis memunculkan pengaturan itu jika diperlukan.
Setelah proses di atas Anda dapat memindahkan widget dengan cara menekan lama pada salah satu widget dan drag ke tempat yang Anda maksud. Widget dapat dihapus dari homescreen dengan menekan lama pada widget lalu drag ke atas, atau bawah, tergantung pada launcher. Tunggu sampai berubah menjadi merah, lalu lepaskan. Dengan cara itu widget telah terhapus.

Demikian lah dan Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar