25 Jun 2013

Apa itu QR code???

1269478374.jpgQR Code merupakan kependekan dari Quick Respon Code, pengertian mudahnya QR Code adalah pengembangan dari Barcode yang diciptakan perusahaan Jepang, Denso-Wave tahun 1994.  Tidak seperti barcode yang hanya satu sisinya saja yang mengandung data, QR Code mempunyai dua sisi yang berisi data, dan ini membuat QR Code lebih banyak memuat informasi dibandingkan bar code. Adapun contohnya seperti berikut :


Kode ini amat populer di Jepang. Banyak perusahaan menggunakannya untukDi Indonesia, QR code telah digunakan oleh sejumlah media, misalnya saja koran Kompas yang telah memasang QR code di media cetaknya. aktivitas pemasaran dan promosi. Hampir semua jenis ponsel di Jepang dan Korea bisa membaca QR code. Kode ini mulai digunakan di berbagai media Eropa,.Di Indonesia, QR code telah digunakan oleh sejumlah media, misalnya saja koran Kompas yang telah memasang QR code di media cetaknya.

1269479308.jpg1269479293.jpg       1269479341.jpg  1269479324.jpg

QR Code misalnya, dapat menampung informasi berupa URL suatu website yang nantinya dapat digunakan pada majalah, iklan, atau media lainnya, sehingga ketika seorang pengguna handphone berkamera dan mempunyai aplikasi pembaca QR Code dapat langsung men-scan dan masuk ke website yang dimaksud tanpa perlu mengetikkan alamatnya. Kegunaan lain misalnya QR Code digunakan untuk menyimpan data teks mengenai informasi produk atau hal lain, SMS, atau informasi kontak yang mengandung nama, nomor telepon, dan alamat..
Untuk menghasilkan suatu gambar atau simbol QR Code kita membutuhkan QR Code generator, salahsatunya adalah menggunakan http://qrcode.kaywa.com/
Kelebihan lainnya dibandingkan barcode adalah kita tidak perlu mesin khusus untuk membaca QR Code. QR Code dapat dibaca hanya dengan menggunakan Handphone berkamera yang tentunya sudah diinstall Software QR Code reader , Software Kaywa Readerdapat diinstal  di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar