17 Mei 2013

Membuat Koneksi Database Menggunakan PHP (Database MySQL)


php-mysql-ngeposta

Membuat Koneksi Database Menggunakan PHP (Database MySQL) - Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit tutorial tentang bagaimana cara membuat koneksi database menggunakan php, kita hanya perlu mengunakan perintah mysql_connect untuk menghubungkan ke server database yang ada dengan script php, kemudian kita tentukan/pilih database apa yang kita aktifkan (yang akan di gunakan) dengan menggunakan perintah mysql_select_db.


Dan berikut script kode untuk membuat koneksi database menggunakan php, silahkan bisa anda simak dengan baik script kode di bawah ini :


<?php

$koneksi = mysql_connect("localhost","root","");

if ($koneksi) {
mysql_select_db("andyrra",$koneksi)
or die ("Database yang anda minta tidak ada!".mysql_error());
}

else {
echo "Gagal menghubungkan ke server!";
}

?>


Note :
Kode pada baris ke-3 merupakan variabel yang isinya adalah printah untuk menghubungkan ke server database MySQL, pada baris ke-5 sampai baris ke-8 merupakan percabangan untuk proses seleksi yang intinya jika terdapat koneksi (variable $koneksi dapat terhubung ke server database) maka proses yang terjadi selanjutnya adalah proses memilih database mana yang akan di gunakan (
andyrra di sini adalah nama database, ganti sesuai dengan nama database anda). Namun jika database yang kita pilih belum data/tidak ada, maka akan tampil pesan yang bertuliskan :


Database yang anda minta tidak ada!


Selanjutnya jika lepas dari percabangan tersebut (tidak memenuhi syarat penyeleksian kondisi yang yang telah di tentukan), maka akan tampil sebuah pesan yang bertuliskan :

Gagal menghubungkan ke server!

Maksud dari pesan tersebut adalah bahwa koneksi yang kita buat tidak dapat terhubung ke server MySQL mungkin karena kesalahan nama host (default : localhost), user (default : root), atau passwordnya (default : "" / kosong).

Pastinya mudah sekali untuk membuat koneksi database menggunakan php ini, yang kita perlukan hanyalah memahami syntax dasar dari perintah-perintah SQL dan php tersebut. Mungkin cukup sekian dulu, selebihnya saya mohon ma'af atas segala kesalahan yang ada. Semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar