1 Nov 2013

Orang yang berjasa dalam perkembangan Tehnologi komputer

Di dalam dunia Komputer kita banyak mengenal tentang microsoft, paint, excel, adobe, printer dan banyak lagi lainnya. Di sini saya akan sedikit memberi informasi, atau berbagi hanya sekedar menambah sedikit pengetahuan kita tentang siapa saja orang yang paling berjasa, atau penemu atau perancang perangkat lunak komputer.

Dibawah ini ada beberapa orang yang berjasa dalam perkembangan tehnologi komputer :



1.  ALLEN, PAUL


Salah seorang pendiri Microsoft, sahabat dekat Bill Gates sejak masa kanak-kanak. Kini ia mempunyai perusahaan perangkat lunak sendiri bernama Asymetrix.
Paul Gardner Allen adalah seorang tokoh bisnis Amerika, investor dan dermawan, paling dikenal sebagai co-founder, dengan Bill Gates, Microsoft Corporation. 
Lahir: 21 Januari 1953 (umur 60), Seattle, Washington, Amerika Serikat
Tinggi: 5 '10 "(1,78 m)
Saudara: Jody Patton
Pendidikan: Lakeside School, Washington State University
Film dan acara TV: Hitam Sky: The Race untuk Ruang, Inspirasi, Me & Isaac Newton
Orangtua: Faye G. Allen, Kenneth S. Allen

2.  ATKINSON, BILL

Salah satu pemrogram pada tim awal Macintosh di Apple. Atkinson juga mengembangkan program MacPaint dan HyperCard tyang populer.
Bill Atkinson adalah seorang insinyur komputer Amerika dan fotografer. Atkinson bekerja di Apple Computer 1978-1990. 
Lahir: 1951
Pendidikan: University of Washington, University of California, San Diego

3.  BALLMER, STEVE


Sahabat Gates dari Harvard yang bergabung dengan Microsoft pada 1980. Pada 1984 ia ditugasi menangani perangkat sistem lunak.
Steven Anthony "Steve" Ballmer adalah seorang pengusaha Amerika yang telah menjabat sebagai CEO Microsoft sejak Januari 2000. Pada 2013, kekayaan pribadinya diperkirakan pada $ 18 milyar, nomor 21 di Forbes 400.
Lahir: 24 Maret 1956 (umur 57), Detroit, Michigan, Amerika Serikat
Tinggi: 6 '5 "(1,96 m)
Pasangan: Connie Snyder (m. 1990)
Pendidikan: Harvard University (1977), Stanford Graduate School of Business, Lawrence Technological University
Orangtua: Beatrice Dworkin, Frederic Henry Ballmer

4.  BLUMENTAL, JABE

Microsoft Alumni Foundation 2012 Integral Fellows (from left) Allen Wilcox, Mahnaz Javid and Jabe Blumenthal
Direkrut oleh Microsoft pada 1982 untuk membantu Jeff Raikes untuk memasarkan Multiplan. Ia menuliskan spesifikasi untuk Excel dan membantu merancang Works.

5.  BRAINERD, PAUL


Presiden Aldus. Ia menciptakan istilah Desktop Publishing dengan mengembangkan PageMaker, program aplikasi yang memungkinkan penguna menghasilkan dokumen tercetak berkualitas profesional dengan PC (Personal Computer/Komputer Pribadi) atau Macintosh dan printer laser.
Paul Brainerd adalah pelopor dalam bidang  komputer editing, desain dan penerbitan. Lahir di Medford, Oregon, Phil dan VerNatta Brainerd, Paul Brainerd kuliah di University of Oregon 
Lahir: 1947, Medford, Oregon, Amerika Serikat
Pendidikan: University of Oregon, University of Minnesota

6.  BRICKLIN, DAN

Pengembang (dengan Bob Frankston) VisiCalc, lembar kerja elektronik pertama yang juga merupakan aplikasi mikrokomputer pertama yang amat berhasil. Pada 1979, ia dan Frankston mendirikan Software Arts. Setelah Software Arts bubar pada 1985, ia bekerja untuk beberapa bulan sebagai konsultan untuk Lotus, lalu ia mendirikan sebuah perusahaan penerbit perangkat lunak bernama Software Garden.
Daniel Singer "Dan" Bricklin, sering disebut sebagai "Bapak Spreadsheet", adalah co-creator Amerika, dengan Bob Frankston, dari program spreadsheet VisiCalc.
Lahir: 16 Juli 1951 (umur 62), Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat
Pendidikan: Massachusetts Institute of Technology (1974), Lebih
Penghargaan: Award Grace Murray Hopper

7.  BUNNEL, DAVID


Editor buletin yang khusus membahas komputer Altair. Pada 1983, ia mulai menerbitkan majalah PC World.
David Bunnell adalah pengusaha media dan pelopor teknologi yang terlibat dalam hari-hari awal revolusi komputasi personal dan industri

8.  CANION, ROD


Mendirikan Compaq pada tahun 1982. Dalam waktu tiga tahun Compaq masuk di dalam daftar Fortune 500.  Joseph Rodney "Rod" Canion adalah seorang ilmuwan komputer Amerika dan pengusaha. Canion adalah co-pendiri Compaq Computer Corporation di mana ia menjabat sebagai Presiden pertama dan CEO.
Lahir: 19 Januari 1945 (umur 68), Houston, Texas, Amerika Serikat
Pendidikan: University of Houston

9.  ESTRIDGE, PHILIP “DON”

DonEstridge.png
Kepala proyek PC IBM mulai sejak awal pada 1980 sampai kematiannya pada 1985 dalam kecelakaan pesawat terbang.
Philip Donald Estridge (23 Juni 1937 - 2 Agustus 1985), yang dikenal sebagai Don Estridge, memimpin pengembangan asli IBM Personal Computer (PC), dan dengan demikian dikenal sebagai "ayah dari PC IBM". Keputusannya secara dramatis mengubah industri komputer, mengakibatkan peningkatan besar dalam jumlah komputer pribadi yang dijual dan dibeli, sehingga menciptakan seluruh industri produsen perangkat keras IBM PC.
Estridge lahir di Jacksonville, Florida. Ayahnya adalah seorang fotografer profesional. Dia lulus dari Uskup Kenny SMA pada tahun 1955, dan dari University of Florida pada tahun 1959. Ia menikah dengan Mary Ann Hellier pada bulan September 1958, dan mereka memiliki tiga anak: Patricia Ann, Mary Evelyn dan Sandra Marie.
Beliau menyelesaikan gelar sarjana di bidang teknik elektro di University of Florida, dan bekerja di Angkatan Darat, merancang sistem radar menggunakan komputer, IBM dan akhirnya NASA Goddard Space Flight Center sampai ia pindah ke Boca Raton, Florida pada tahun 1969.

10. FRANKSTON, BOB


Pengembang (dengan Dan Bricklin) VisiCalc dan salah seorang pendiri Software Arts. Ketika Software Arts bubar, Frankston bekerja untuk Lotus sebagai kepala ilmuwan divisi ilmu-ilmu informasi.
Robert M. Frankston adalah co-creator dengan Dan Bricklin dari program spreadsheet VisiCalc dan co-pendiri Software Arts, perusahaan yang mengembangkan teknologi itu.
Lahir: 14 Juni 1949 (umur 64), Brooklyn, New York, Amerika Serikat
Pendidikan: Stuyvesant High School, Massachusetts Institute of Technology...

11. FYLSTRA, DAN
Pimpinan Personal Software, perusahaan yang memasarkan VisiCalc mulai 1979. Personal Software berubah namanya menjadi VisiCorp pada 1982.
Dan Fylstra adalah pelopor industri produk perangkat lunak. Setelah lulus dari Massachusetts Institute of Technology, pada tahun 1975 dia adalah seorang associate editor pendiri majalah BYTE.
Pendidikan: Harvard Business School

12. GATES, BILL


Salah seorang pendiri dan chief executive officer Microsoft Coorporation. Sekaligus tokoh terkaya di dunia.
William Henry "Bill" Gates III adalah tokoh bisnis Amerika, investor, programmer, penemu dan dermawan.
Lahir: 28 Oktober 1955 (umur 58), Seattle, Washington, Amerika Serikat
Tinggi: 5 '10 "(1,78 m)
Anak-anak: Jennifer Katharine Gates, Phoebe Adele Gates, Rory John Gates
Pendidikan: Harvard College (1973-1975), Lakeside School (1968-1973)
Penghargaan: Perak Buffalo Award

13. GAUDETTE, FRANK
Kepala bagian keuangan Microsoft. Dialah yang mengatur segala sesuatu di Microsoft ketika perusahaan itu akan melakukan penawaran umum perdananya.
Gaudette, Direktur Keuangan Microsoft Corp 's, meninggal Jumat di Seattle setelah pertempuran delapan bulan dengan kanker. Dalam umur 57thn. Gaudette, yang juga menjabat sebagai wakil presiden eksekutif perusahaan operasi, bergabung dengan Microsoft pada September 1984 setelah memegang posisi eksekutif puncak di C3, Informatika Umum, Rockwell International, Frito-Lay dan perusahaan lain. Sebagai wakil presiden eksekutif operasi kelompok Microsoft sejak Januari 1992 Gaudette mengawasi keuangan, manufaktur, sumber daya manusia, hubungan investor, teknologi informasi dan kelompok Microsoft Press.

14. HALLMAN, MICHEAL
Presiden Microsoft yang menggantikan Jon Shirley pada 1990.
William H. Gates , ketua Microsoft Corporation dan programmer komputer terkaya di dunia , mengatakan kemarin bahwa ia menolak Michael R. Hallman , presiden ia memilih dua tahun lalu .
Gates , bos brilian dan menuntut dikenal membombardir karyawan dengan surat elektronik di semua jam malam , terus terang mengatakan bahwa Mr Hallman hanya tidak mengukur sampai . " Dia melakukan banyak bagian dari pekerjaan dengan baik, " kata Gates dalam sebuah wawancara telepon kemarin. " Tapi saat kami memikirkan strategi baru , saya tidak puas bahwa dia adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu . "
Mr Hallman , 46 tahun , akan diganti dengan kantor tiga anggota dari presiden dalam reorganisasi bahwa Mr Gates berharap akan melanjutkan visinya meletakkan komputer di setiap meja dan di setiap rumah .
Mr Hallman , yang akan meninggalkan pada tanggal 1 Maret , membela masa jabatannya dan kemarin mengatakan bahwa ia kecewa untuk meninggalkan. " Aku sudah di Microsoft selama dua tahun , dan perusahaan telah dua kali lipat dalam ukuran , " katanya dalam sebuah wawancara telepon . " Bill dan aku memiliki hubungan yang baik , tapi ini adalah bisnis yang kompleks untuk mengelola . Tidak ada faktor pribadi. "

15. HERTZFELD, ANDY
Pemrogram utama sistem operasi Macintosh dan pengarang program Switcher untuk Macintosh. Switcher memungkinkan pengguna membuka beberapa program secara bersamaan.

16. JOBS, STEVE
Salah seorang pendiri Apple Computer, bertanggung jawab terhadap proyek Macintosh. Ia mengundurkan diri dari Apple pada tahun 1985 setelah dewan direksi menggesernya dari tanggung jawab manajemen. Jobs mendirikan NeXT Inc, yang merilis komputer pertamanya pad Oktober 1988.

17. KAPOR, MITCH
Pendiri Lotus Development Corporation. Pada 1986 ia meninggalkan Lotus untuk mempelajari artificial intelligence dan membentuk sebuah perusahaan baru.

18. KILDALL, GARY
Pendiri Digital Research pada 1976 dan pengembang CP/M, sistem operasi mikrokomputer pertama.

19. LUBOW, MIRIAM
Salah seorang karyawan pertama Microsoft. Pada 1977, ia bekerja pada Microsoft sebagai sekretaris Bill Gates. Ia berhenti dari Microsoft pada 1990 untuk bekerja pada Paul Allen.

20. MARKKULA, MIKE
Pencipta pertama pada Apple Computer pada 1976. Ia mengepalai Apple dari 1981 sampai 1983.

21. NISHI, KAZUHIKO
Penggemar komputer dari Jepang yang mengepalai Microsoft Jepang sampai 1986. Ia juga kepala ASCII Corporation.

22. OLSEN, KEN
Pendiri Digital Equipment Corporation (DEC) dan pencipta minikomputer.

23. OSBORNE, ADAM
Penerbit buku-buku pertama mengenai mikrokomputer pada 1970-an dan pendiri Osborne Computer pada 1980, Komputer Osborne adalah komputer portabel yang pada awal-awalnya terjual baik namun bangkrut setelah dua tahun bisnisnya.

24. PATTERSON, TIM
Pengarang QDOS (Quick and Dirty Operating System), pendahulu Microsoft DOS. Pada 1980, ia meninggalkan Seattle Computer Products untuk bekerja di Microsoft untuk mengadaptasi DOS agar sesuai dengan spesifikasi IBM.

25. RAIKES, JEFF
Direktur pemasaran untuk divisi aplikasi Microsoft sejak 1984. Ia meninggalkan Apple untuk bergabung dengan Microsoft pada tahun 1981. Di sini ia mulai menggarap Multiplan dan Word.

26. RASKIN, JEF
Pemimpin awal proyek Macintosh.

27. RATLIFF, C. WAYNE
Pengembang dBase II, dBase III, dan dBase III Plus, manajer basis data AshtonTate yang amat laris.

28. ROBERTS, ED
Presiden MITS yang pada tahun 1975 memproduksi Altair, salah satu mikrokomputer pertama.

29. SACHS, JONATHAN
Salah satu pengembang 1-2-3, lembar kerja elektronik yang diterbitkan Lotus.

30. SCULLEY, JOHN
CEO Apple Computer sejak 1983.

31. SHIRLEY, JON
Presiden Microsoft mulai dari 1983 sampai 1990. Sebelum bergabung dengan Microsoft, ia bekerja di Tandy selama 25 tahun.

32. SIMONYI, CHARLES
Direkrut oleh Microsoft pada 1980, ia arsitek utama kelompok pemrogram untuk Multiplan, Excel dan Word.

33. WARNOCK, JOHN
Pengarang PostScript dan pendiri Adobe.

34. WIGGINTON, RANDY
Pengarang MacWrite, program pengolah kata yang di-bundle dengan Macintosh ketika pertama kali diperkenalkan.

35. WOZNIAK, STEVE
Mendirikan Apple dengan Steve John, dan perancang komputer Apple pertama.

Dan masih banyak lagi orang yang berperan dalam kemajuan tehnolgi komputer. Semoga ini bisa menambah wawasandan pengetahuan teman2 blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar